TUTORIAL ArcGis : MEMOTONG / CLIP PETA (VECTOR/SHP)

TUTORIAL ArcGis : MEMOTONG / CLIP PETA (VECTOR/SHP)

Memotong peta sering diperlukan untuk analisa atau penyajian data suatu wilayah yang lebih kecil dari data aslinya. Misalnya untuk membuat peta suatu desa tertentu. Sementara peta shapefile(shp) yang saya punya adalah peta satu provinsi. Maka dalam kondisi seperti ini, saya harus memotong shp/peta tersebut berdasarkan batas desa yang akan dibuat petanya.

Software ArcGIS menyediakan tool bagi pengguna untuk melakukan kebutuhan pemotongan seperti kondisi di atas Dalam ArcGis tools untuk melakukan Clip. Hal yang harus dilihat pertama kali ketika ingin melakukan t yaitu pastikan  setiap peta memiliki Koordinat Datum yang sama sehingga dapat dilakukan Overlay seperti gambar dibawah.
. Adapun cara dan tahapan langkah demi langkahnya, di bawah ini:
  • Open arcmap
  • Add data shapefile disini saya menggunakan data Penggunaan Lahan (akan dipotong) dan Batas Administrasi Desa (untuk memotong)
  • Buka ArcToolbox. Bisa dengan cara klik icon ArcToolbox atau klik menu Geoprocessing > ArcToolbox.
 

    
  • Kolom Input Features digunakan untuk layer yang akan dipotong. Clip Features, digunakan sebagai pemotong, Output Feature Class untuk menyimpan data hasil pemotongan. Untuk bagian yang lainnya, pengaturan biarkan sesuai default-nya dan kalau sudah diatur seperti gambar di bawah ini, klik OK.
  • Setelah proses berhasil, data hasil pemotongan akan otomatis muncul di layar kerja. Akan seperti ini hasil pemotongan.