28 Tempat Wisata Kabupaten Semarang

Sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah, Kota Semarang dan sekitarnya sering kali dikunjungi oleh wisatawan untuk menghabiskan waktu selama liburan. Tak hanya dikenal akan sajian kuliner enaknya, Semarang juga punya banyak destinasi bagus & akomodasi lengkap.

1. Museum Kereta Api Ambarawa

Di kawasan Museum kereta Api Ambarawa kita dapat menemukan banyak koleksi lokomotif uap yang pernah berjata pada zamanya. 

Harga tiket Masuk Museum Ambarawa :
Dewasa     =  Rp. 10.000 / orang
Anak Anak =  Rp. 5.000 / orang
Sumber : https://www.instagram.com/fransiscachika/

2. Benteng Ambarawa

Benteng yang juga kerap disebut warga setempat sebagai Benteng Pendem ini berada di Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang. Lokasinya tak jauh dari Waduk Rawa Pening dan Museum Kereta Api Ambarawa. Persisnya berada di sebelah Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Ambarawa.

Harga Tiket Masuk :
Rp. 5.000

Sumber : https://www.instagram.com/anitantsr

3. Cemara Sewu, Banyubiru

Cemoro Sewu berada di kaki Gunung Telomoyo dan Terletak di ketinggian 900Mdpl. Untuk mencapai bukit Cemoro Sewu dari pintu gerbang harus berjalan kaki sejauh 200 meter

Harga Tiket Masuk :
Rp. 5.000 / orang
Sumber : https://www.instagram.com/indrasetian_



4. Eling Bening

Tak hanya seru-seruan berswafoto saja, disini juga dapat berburu kuliner. Walaupun memang harga nya tergolong mahal, namun dari segi citra rasa dan keindahan alam ditawarkan membuat liburan berkesan.Ditempat ini akan menyajikan penginapan bernuansa alam, keindahan hamparan lanskap pegunungan dan wisata rawa bening. Fasilitas dan pelayanan cukup lengkap, serta harga yang cukup terjangkau.

Harga Tiket masuk : 
Rp. 18.000/orang (dapat ditukarkan softdrink)
Sumber : https://www.instagram.com/muhamad_fhauzy
Sumber : https://www.instagram.com/tsura975

5. Gedong Pas, Getasan

Di Gedong Pass, atau biasa disebut Gpass, kamu juga bisa menemukan gardu pandang bertingkat berbentuk menara. Dari sini, kamu bisa berfoto dengan latar belakang deretan gunung kecil dan tentu saja ikon Semarang, yakni Rawa Pening.

Sumber : https://www.instagram.com/surachaiswarna

6. Goa Rong, Tuntang

Di destinasi ini Teman Traveler bisa melihat dengan jelas Gunung Ungaran, Sumbing, Sindoro dan Telomoyo nan tinggi menjulang. Sementara di antara gunung-gunung tersebut Teman Traveler juga bisa melihat luasnya danau Rawa Pening dengan airnya yang berkilauan saat terkena cahaya matahari. Selain itu, Teman Traveler juga bisa menyaksikan sendiri kesibukan jalanan Tuntang, Bawen, hingga Jalan Tol Semarang – Solo.

Harga Tiket Masuk :
Rp. 10.000/orang
Rp. 3.000/ motor roda dua
Rp. 4.000/mobil
Sumber : https://www.instagram.com/ashari.riri




7. Gunungsari, Kopeng



Obyek wisata yang menggabungkan perpaduan taman bunga, menara pandang, sejuknya udara gunung, serta panorama memukai ini menjadi alternatif kunjungan wisatawan untuk mengisi hari libur di Kopeng.

Harga Tiket masuk :

Rp. 20.000 untuk dewasa ( Free Jus Jambu )

Rp. 10.000 untuk anak - anak

Sumber : https://www.instagram.com/petrusarif_landscape




8. Kopeng Treetop

Treetop Adventure Park adalah destinasi wisata outdor yang seru dengan suasana alam yang sejuk. Wisatawan dimanjakan dengan 2 fasilitas permainan keren, yaitu Camping Glam dan Sky Treetop yang menjadi andalan disini.

Harga Tiket Masuk : 
Rp. 10.000/orang
Sumber : https://www.instagram.com/anisaputriu




9. Legok Madu, Bandungan

Wisata Alam Legok Madu berada di Gipik, Ds. Candi, Kecamatan Bandungan, Kab. Semarang, Jawa Tengah. Perjalanan yang ditempuh untuk sampai Wisata Alam Legok Madu membutuhkan waktu sekitar 1 jam 16 menit atau membutuhkan jarak tempuh sekitar 44 kilometer dari pusat kota Semarang. Wisata baru di Semarang ini sangat rekomended untuk dikunjungi bersama keluarga atau orang-orang terkasih.

Harga Tiket masuk :
Rp.10.000/orang
Sumber : https://www.instagram.com/ysi.ars




10. Lereng Kelir

Wisata gardu pandang yang berada di Ambarawa, Semarang. Ambarawa sendiri memang masih asri akan keadaan alamnya, sehingga banyak yang mengunjungi wisata di puncak  lereng kelir ini. Bahkan dari atas gardu pandang lereng kelir anda dapat memandang penggunungan dan laut utara.

Harga Tiket Masuk :
Rp. 5.000 (Senin - Jumat)
Rp. 7.0000 (Sabtu & Minggu)
Sumber : https://www.instagram.com/annatasyaok
Sumber : https://www.instagram.com/basri6969




11. Pinus Kali Pasang


Kondisi alam yang serba hijau di pinggang Gunung Merbabu, sepertinya sangat layak untuk dijajakan sebagai destinasi wisata. Dengan ketinggian mencapai 1500 mdpl, otomatis udaranya dijamin sejuk dan bersih. Terkait hal itulah, hutan pinus Kayon di Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang berbenah guna menjaring wisatawan.

Harga Tiket Masuk :
Rp. 17.500 (meliputi Tiket, Asuransi, Karang Taruna,Pengelola, Kebersihan dan Keamanan)
Sumber : https://www.instagram.com/kurniawanjalanjalan
Sumber : https://www.instagram.com/qedull_96
Sumber : https://www.instagram.com/anandhajayanti




12. Pondok Kopi

Tidak hanya ada Pondok Kopi saja, melainkan disini terdapata fasilitas dan layanan lainnya, seperti Taman Renang Alam, Camping Ground, Pondok Wisata, lalu ada juga tempat untuk menjalani outbound training.

Harga Tiket Masuk :
Pondok Kopi berada pada kawasan Umbul Sidomukti untuk tiket terusan
Sumber : https://www.instagram.com/petrus_landscape

13. Kebon Teh Promasan

Gunung ungaran telah menjadi pilihan untuk aktivitas alam bebas dewasa ini. Baik kalangan pendaki sendiri, hingga masyarakat umum berbagai jenjang umur pun ramai-ramai berkunjung. Kini Promasan ramai dikunjungi untuk berbagai acara dengan peserta yang selalu banyak.

Harga TIket Masuk :
Rp. 5.000
Sumber : https://www.instagram.com/inilaila_

14. Sabana Rawa Pening

Surutnya air Rawa Pening di Semarang memunculkan padang rumput menghijau. Lokasi ini pun mendadak viral dikunjungi.Adapun dari lokasi parkiran sepeda motor maupun mobil ini, pengunjung harus berjalan menyusuri jalan setapak di lokasi rawa sekitar 100 meter. Jalan setapak yang dilewati tersebut, pada musim penghujan terendam air. 

Harga Tiket Masuk : 
-
Rp. 3.000 ( Parkir Sepeda Motor roda 2)
Rp. 8.000 ( Parkir Mobil)
Sumber : https://www.instagram.com/herikiss12

15. Kolam Renang Senjoyo

Tujuan wisata Salatiga ini begitu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dan sekitar, terutama ketika hari libur atau pun libur nasional. Tempat wisata cukup indah alami, sehingga bakal membuat siapapun dapat menikmati rehat sejenak dari hiruk-pikuk kegiatan sehari-hari melelahkan.

Harga Tiket Masuk :
Hanya Membayar Karcis Parkir
Sumber : https://www.instagram.com/igfifi

16. Bukit Sepakung, Banyubiru

Desa Sepakung ialah desa berada di gunung Termolyo, memang keindahan desa wisata Semarang ini tak terbantahkan, sebab desa itu dibagi oleh beberapa titik misal Cemoro Sewu, kawasan gardu Pandangan, kali kulon dan Gunung Reco. Dari nama terakhir, kalau wisata Gumuk Reco merupakan wisata baru Semarang, sebab baru saja diresmikan sekitar akhir tahun 2017 kemarin.

Harga Tiket Masuk :
Rp. 5.000/orang
Biaya tambahan untuk wahana foto
Sumber : https://www.instagram.com/a_r_kilul
Sumber : https://www.instagram.com/sirkajessi96
Sumber : https://www.instagram.com/ridwanonelis
Sumber : https://www.instagram.com/deasymonica.u
17. Taman Bunga Setya Aji, Bandungan

Kebun bunga yang ditumbuhi berbagai jenis bunga krisan ini berada di Dusun Ngasem, Desa Jetis, Kec. Bandungan, Semarang. Kira-kira butuh waktu 10 menit menuju kebun bunga ini dari pasar Bandungan.

Harga Tiket Masuk :
Rp. 7.500/orang
Sumber : https://www.instagram.com/oktarisaloli.ya

18. Sumurup, Tuntang

Sambil menanti senja di Sumurup adalah satu hal yang wajib untuk berselfie cantik di Jembatan Biru. Jembatan panjang berwarna biru terang yang membentang di atas danau dan sawah ini sebelumnya terpisah. Hanya terlihat dua jembatan berwarna biru yang membentang terpisahkan oleh cantiknya danau Rawa Pening.

Harga Tiket Masuk :

Sumber : https://www.instagram.com/qedull_96

19. Taman Bunga Celosia

Sesuai dengan namanya, taman ini memiliki fasilitas utama berupa view berbagai bunga warna – warni. Wisatawan dapat menemukan  berbagai macam jenis bunga diantaranya adalah bunga diantus hebras dan masih banyak lagi jenis bunga lain.

Harga Tiket Masuk :
Rp. 15.000/orang
Sumber : https://www.instagram.com/mirasihoktiani_
Sumber : https://www.instagram.com/indhsciati
Sumber : https://www.instagram.com/lviayuangst

20. Tegal Waton Horse Ranch

Wisata Tegalwaton Horse Ranch Park di Tegalwaton Jawa Tengah memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Salatiga tidak mengunjungi Wisata Arrowhead Park di Tegalwaton Salatiga Jawa Tengah yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut

Sumber : https://www.instagram.com/geraldwst

21. Candi Gedong Songo - The Ayana

Ayana Gedong Songo merupakan salah satu tempat wisata baru di Semarang. Tempat wisata yang satu ini akhir-akhir ini semakin banyak dikunjungi karena tempatnya yang unik dan instagramable. Tempat ini mulai dibuka untuk umum sejak tanggal 11 Juni 2018. Karena memiliki konsep yang unik, tempat ini langsung banyak menarik perhatian pengunjung.

Harga Tiket Masuk :
Rp. 10.000/orang (Tiket Masuk Gedong Songo)
Rp. 20.000/orang dewasa ( Tiket Masuk Kawasan Ayana)
Rp. 10.000/anak-anak ( Tiket Masuk Kawasan Ayana

sumber : www.instagram.com/instanusantara/
sumber : www.instagram.com/aqilla/



















sumber : www.instagram.com/susi.wuladari/
22. Ampelgading Land

Objek wisata I'ampelgading Homeland terletak di Dusun Ampelgading, Desa Kenteng, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Di kawasan berketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut (mdpl). Sekitar 35 km dari kota Ambarawa. 

Harga Tiket Masuk :
Rp. 5.000/orang
Sumber https://www.instagram.com/florenciadebby

23. Susan Spa

Pusat Rekreasi Keluarga dan Wisata Panorama ini didukung dengan fasilitas seperti kolam renang semi indoor dengan pemanas (dipanaskan hanya saat hari libur), jacuzzi, sauna, fitness studio, cafe, meeting room, la kana wedding venue hingga eden park.

Sumber https://www.instagram.com/ikinphotography


Watu Gajah Park merupkan salah satu tempat wisata keluarga yang baru ada di Semarang. Nama watu gajah diambil karena adanya batu besar di lokasi yang menjadi asal nama dusun Watu Gajah. Ketika memasuki area wisata Anda akan disambut dengan gapura yang di sisi-sisinya terdapat patung gajah. Disini jug terdapat berbagai wahan dan spot foto yang menarik.

Watu Gajah Park

25. Saloka Theme Park 

Dengan mengusung tema berupa taman rekreasi anak dan keluarga, Saloka Fun Park bisa menjadi alternatif pilihan dalam mengisi waktu akhir pekan. Kini, warga Jateng gak perlu lagi jauh-jauh pergi ke Jakarta, Malang, atau pun Bandung untuk menikmati permainan seru.

Harga Tiket Masuk :
Rp. 120.000 ( Weekdays )
Rp. 150.000 ( Weekend )
https://www.instagram.com/leea.maharani/
https://www.instagram.com/anastasiaheni_/
26. Dusun Semilir Eco Park

Gunung-gunung indah di sekeliling Dusun Semilir, bisa dinikmati keindahannya di glamping. 

Harga Tiket Masuk :
Rp. 5.000/orang
Lokasi : Dusun Semilir Klik Disini


Sumber : https://www.instagram.com/dusunsemilir.


27. Bantir Hills

Sejumlah spot selfie instagenik dibangun di puncak kawasan ini. Mulai dari bintang, matahari, kupu-kupu, aneka bunga, rumah pohon, serta sejumlah gardu pandang dengan rindang pepohonan pinus yang menjulang tinggi. Sejumlah gunung di Jawa Tengah juga terlihat seperti Gunung Merbabu, Sumbing dan Gunung Merapi.

Harga Tiket Masuk :
Rp. 5.000/orang
Sumber : https://www.instagram.com/banie.
28. Pohon Pengantin, Kota Salatiga

Pohon pengantin tumbuh dengan batang yang unik. Sebab, batang pohon pengantin yang paling besar tumbuh meliuk, seolah membentuk tempat duduk alami. Nah, di atas batang inilah, pengunjung dapat mengambil foto instagramable.

Sumber : https://www.instagram.com/caplin_rosyadi