Cara Membaca Gambar Teknik Sipil


Teknik sipil merupakan salah satu ilmu penting yang digunakan dalam dunia kerja, baik dalam membaca gambar, menghitung gambar atau membuat gambar bangunan. Hampir semua sarjana teknik sipil yang baru lulus pasti paham dan mengetahui masalah gambar kerja. Dengan pengalaman belajar di lapangan, mereka sudah terbiasa dengan simbol, indeks, dan lambang-lambang gambar yang digunakan.
Teknik gambar umumnya digunakan sebagai alat visual dalam penciptaan rumah, jembatan, dan bangunan lainnya. Sementara gambar-gambar ini dapat sangat mudah untuk orang yang terampil dalam bidang teknik atau arsitektur, namun sangat sulit untuk dimengerti oleh beberapa orang awam. Ada beberapa cara untuk membaca gambar teknik sipil. Apa saja itu?
Berikut ini 5 tips tentang cara membaca gambar teknik sipil yang bisa kamu jadikan referensi.
1. Membiasakan Diri Dengan Skala Gambar
Membiasakan diri dengan skala gambar sangat penting untuk memudahkan kamu membaca gambar teknik sipil. Mulai dari skala item yang kecil hingga item yang besar bisa kamu pelajari. Sebagian besar ambar teknik yang dibuat dalam "skala" versi 1 / 4-1 / 8 inci (0,55-0,275 cm) per kaki. Skala lain dapat digunakan untuk kreasi yang lebih besar. Sebelum memeriksa secara rinci, kamu harus selalu selalu menentukan skala gambar. Jika skala tidak jelas terlihat pada gambar, kamu bisa berkonsultasi dengan insinyur yang menggambar untuk penjelasan lebih rinci.
2. Memahami Simbol Dasar yang Digunakan dalam Gambar Teknik Sipil
Cara membaca gambar teknik sipil selanjutnya adalah memahami simbol dasar yang digunakan dalam gambar teknik sipil. Simbol yang paling umum digunakan adalah persegi panjang, lingkaran, dan segitiga. Seperti pada masalah menentukan skala, berkonsultasi dengan insinyur yang menciptakan gambar dapat memberikan wawasan mengenai simbol yang digunakan.
3. Carilah Nomor yang Dilingkari
Untuk memahami gambar teknik yang memiliki skala sangat kecil, insinyur sering menambahkan nomor yang dilingkari buat bagian-bagian tertentu dari gambar. Dengan begitu, kamu tetap dapat membaca detail gambar yang tadinya mustahil untuk dibaca.
4. Identifikasi Singkatan Tertentu
Singkatan merupakan alat yang berguna untuk insinyur. Seperti simbol, mereka dapat menunjukkan bentuk, proses, dan bahkan dimensi melalui beberapa huruf. Ada beberapa singkatan yang paling sering dipakai dalam gambar teknik meliputi DP, yang merupakan singkatan dari kedalaman (Depth), dan DIA, yang merupakan singkatan dari diameter.
5. Bekerja Dengan Rekan-Rekan
Saat semuanya gagal, kamu bisa berkonsultasi dengan profesional lain untuk lebih memperjelas gambar. Meskipun terkesan merepotkan karena kesulitan menafsirkan gambar, mereka yang rutin bekerja dan memahami gambar pasti akan membantu membacanya. Tanyakan seseorang "yang tahu" proyek tersebut dan minta menjelaskan apa pun yang kamu tidak mengerti. Lebih baik hal seperti ini terjadi di tahap awal dari proyek daripada menghadapi kesalahan yang lebih fatal saat proyek berjalan di tahap pertengahan atau akhir karena membaca gambar teknik sipil yang salah.
Tambahan, jika kamu tertarik untuk belajar bagaimana membaca gambar teknik, pertimbangkanlah untuk mengambil kelas dalam bidang tersebut. Saat ini banyak perguruan tinggi dan universitas menawarkan kursus atau pelatihan pengenalan dasar dalam gambar teknik. Dalam kebanyakan kasus, mengambil hanya satu kali kelas pelatihan dapat memberi kamu pengetahuan yang cukup untuk dasar- dasar dalam membaca gambar teknik. Jika kamu melakukan ini demi proyek, pasti atasan ditempat kamu bekerja bersedia untuk membayar pendaftaran di kelas tersebut.
Itulah tips tentang cara membaca gambar teknik sipil yang bisa kamu jadikan referensi. Semoga bermanfaat!