Pengertian Sumber Belajar

Sumber belajar adalah suatu yang berupa apa saja baik yang berupa manusia maupun bukan manusia, baik dirancang maupun tidak dirancang yang dapat dimanfaatkan pada proses interaksi belajar sehingga menghasilkan hasil belajar yang optimal. Berdasarkan pengertian tersebut maka sumber belajar merupakan segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran sehingga dapat memudahkan siswa untuk memahami materi pelajaran.
Kita belajar berbagai pengetahuan, keterampilan, sikap, atau norma-norma tertentu dari lingkungan sekitar kita baik itu guru, dosen, teman sekelas, buku, laboratorium, perpustakaan maupun sumber-sumber belajar lainnya. Berbagai sumber belajar tersebut juga memungkinkan perubahan pada diri seseorang yang tidak tahu menjadi tahu, dan tidak mengerti menjadi mengerti, dan tidak terampil menjadi terampil. Karena sumber belajar tersebut anak didik bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, mana yang terpuji dan mana yang tercela, mana perintah dan mana larangan (Musfiqon, 2012:129).
Pada pemanfaatan sumber belajar, guru mempunyai tanggung jawab membantu peserta didik agar belajar lebih mudah, lebih lancar, dan lebih terarah. Oleh karena itu guru dituntut untuk memiliki kemampuan khusus yang berhubungan dengan pemanfaatan sumber belajar. Lingkungan yang ada di sekitar 13 merupakan salah satu sumber belajar yang dapat dioptimalkan untuk pecapaian proses dan hasil pendidikan yang berkualitas

Sumber :
  • Musfiqon. 2012. Pengembangan Media Dan Sumber Pembelajaran. Jakarta : Prestasi Pustakaraya.