Cara Menambahkan Citra Satelit Google Earth Menggunakan ArcGis Tanpa Add-In (Online)

    Teknologi untuk menampilkan kenampakan bumi sangat beragam. Salah satunya yaitu dengan menggunakan satelit penginderaan jauh. Satelit pada masa sekarang tidak hanya digunakan untuk sarana komunikasi, akan tetapi bisa digunakan untuk mengetahui kenampakan bumi. Teknologi tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai analisis terkait spasial seperti perubahan tata guna lahan. Akan tetapi untuk mendapatkan citra resolusi yang tinggi tidak mudah, biaya yang tinggi membuat harga tiap sheet citra satelit resolusi tinggi menjadi mahal menjadi salah satu alasannya. Citra satelit yang mudah didapatkan adalah citra google earth. Namun, untuk memperolehnya diperlukan cara yang tidak mudah. Citra satelit dari opensource juga hampir sama. Untuk memperoleh citra satelit dari opensource, harus mengunduh tiap lembar sheet dari citra yang ingin digunakan.
    Oleh karena itu saya akan membagikan cara untuk mendapatkan citra satelit resolusi tinggi terbaru menggunakan layer googlebase map (bukan menggunakan ArcBrutile). Citra satelit ini akan menampilkan seluruh permukaan dunia melalui server google earth. Akan tetapi untuk mengaktifkan layer citra satelit dibutukan koneksi internet serta setidaknya aplikasi ArcGis versi 10.5 atau diatasnya karena setelah mencoba untuk versi dibawahnya layer citra satelit tidak muncul.


Cara menggunakanya yaitu dengan mengekstrak rar yang sudah didonload lalu membuka melalui catalog atau bisa tarik file ke dalam lembar kerja ArcGis