Permodelan Daerah Aliran Sungai HEC-GeoHMS (Proses HEC-HMS Awal)

Pada artikel ini saya akan berbagi pemrosesan HEC-HMS yang digunakan sebagai pemodelan daerah aliran sungai. Pemodelan sungai yang dimasutkan disini yaitu digunakan hanya untuk mengetahui besaran luasan sub-basin, dan merencanakan debit rancangan. Software HEC-HMS (Hydrologic Engineering Center- Hydrologic Modeling System) dirancang untuk menghitung proses hujan aliran suatu sistem DAS. Sofware ini dikembangkan oleh Hidrologic Engineering Center (HEC) dari US Army Corps of Engineering. Sebelum menggunakan software tersebut kita terlebih dahulu harus melakukan persiapan input data seperti : panjang sungai, luas sub basin, tata guna lahan dan curah hujan rancangan. Untuk mendapatkan data tersebut digunakan software yang disebut HEC-GeoHms. Aplikasi tersebut sebenarnya merupakan add-in pada aplikasi ArcGis (Arc-Map) oleh karena itu masing – masing aplikasi harus berkesinambungan.
Pada saat artikel ini ditulis aplikasi HEC-GeoHMS masih berada di versi 10.2 sehingga agar meminimalkan terjadinya error pada saat pemrosesan diperlukan aplikasi ArcGis (Arc-Map) pada versi yang sama. Karena pada sebelumnya pernah dicoba aplikasi tersebut digunakan pada versi yang berbeda menyebabkan eror output dan tidak sesuai dengan keadaan eksisting. Sebelum melakukan pemrosesan beberapa yang perlu dipersiapkan yaitu:
1.    Aplikasi Arc-Gis(Arc-Map) 10.2 atau dibawahnya
2.    Aplikasi HEC-GeoHMS 10.2 atau dibawahnya
3.    Aplikasi ArcHydro (Sudah sepaket dengan HEC-GeoHMS pada saat penginstalan)
4.    Skema Sungai Utama dalam bentuk shapefile (.shp)
5.    Model Ketinggian pada cakupan DAS (DEM)
6.    Sebaran Tata Guna Lahan Eksisting (Jika ada Pemodelan Penggunaan Lahan / Cellular Automata lebih bagus)
7.    Sebaran Jenis tanah dan sudah dikelompokan berdasarkan tabel Hydrologic Soil Group
8.    Curah Hujan Rancangan (Jika digunakan untuk mencari debit rancangan proses ini dilakukan pada saat proses HEC-HMS)
Berikut langkah –langkah yang akan saya bagikan :
1.    Sebelum melakukan pemrosesan pastikan sudah terinstal software HEC-GeoHMS dan Arc-Hydro
2.    Lakukan digitasi skema sungai utama di google earth akan tetapi ekstensiya akan .kmz harus dirubah ke shp
3.    Setelah dilakukan digitasi