Cara membuat Mie Rumput Laut untuk Meningkatan Ekonomi Negara Maritim




Sebagai negara maritim Indonesia memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah. Potensi sumber daya alam yang melimpah menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah dan masyarakat Indonesia. Karena kita dituntut untuk dapat mengolah sumber daya alam yang ada agar dapat bermanfaat bagi lingkungan yang ada. Untuk dapat mengolah sumber daya alam tersebut kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sangant dibutuhkan. Kualitas sumber daya manusia yang tinggi dapat mempermudah pengolahan sumber daya alam. Sehingga ketika pemanfaatan tersebut dilakukan, tidak merusak alam yang ada.

Pemanfaatan sumber daya alam tersebut dapat berguna untuk pembangunan di wilayah pesisir. Pembangunan wilayah yang ada didasarkan pada keunggulan dan potensi wilayah. Hal tersebut merupakan cara yang paling efektif. Karena pembangunan wilayah yang dapat memberdayakan penduduk yang ada di lingkungan sekitar tanpa bergantung pada sumber daya dari wilayah lain.

Potensi yang ada di setiap wilayah di Indonesia berbeda-beda. Contoh sumber daya alam yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat pesisir yaitu ikan, garam, rumput laut dan pesona alam. Adanya pembangunan wilayah harus dapat bersinergi antara kondisis darat dan laut. Laut harus menjadi tumpuan pembangunan suatu wilayah. Sementara darat harus mendukung sektor kelautan di wilayah tersebut. Salah satu pemanfaatan sumber daya alam di pesisir adalah pembuat mie rumput laut merupakan. Produk tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir. Sehingga pengembangan wilayah dapat terlaksana. Selain itu mie dari rumput laut juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Untuk dapat membuat mie dari rumput laut bacalah langkah-langkah berikut ini.

Alat dan Bahan

  1. Rumput laut
  2. Tepung terigu
  3. Garam
  4. Bawang merah
  5. Telur


Langkah Pembuatan

  1. Siapkan alat dan bahan untuk membuat mie rumput laut.
  2. Jemur rumput laut yang telah diambil dari alam. Jemur rumput laut hingga kering.
  3. Ambil rumput laut setelah dikeringkan. Banyaknya rumput laut : 200 gram atau 0,2 kg
  4. Rendam rumput laut pada air tawar.
  5. Rebus rumput laut untuk membuat adonan mie selama 15 menit atau hingga menjadi bubur rumput laut.
  6. Campurkan telur, tepung terigu, dan garam untuk dibentuk menjadi mi padat. Campurkan bahan tersebut hingga kalis atau selama 15-20 menit
  7. Adonan yang telah di buat digiling dengan mesin khusus pembuat mie.
  8. Jemur mie yang telah dibuat hingga kering.
  9. Beri kemasan mi rumput laut agar menarik.
  10. Pasarkan mi rumput laut secara online atau menitipkan di warung-warung sekitar rumah.


Berikut ini video cara pembuatan mie dari rumput laut.