Cara Membuat Kerajinan Daun Kering dalam Pemanfaatan Keanekaragaman Flora di Indonesia


    Sistem bioma merupakan salah satu cara untuk mempelajari sebaran flora-flora yang ada di dunia. Sistem bioma ditekankan pada dinamika komunitas berdasarkan karakteristik ekosistem dan region iklim. Bioma merupakan ekosistem besar wilayahnya luas. Di dalamnya terdapat flora dan fauna yang khas. Perbedaan letak geografis dan letak astronomis membentuk ekosistem. Sistem bioma terdiri atas beberapa komponen, yaitu produsen, konsumen, dan pengurai (dekomposer). Selain itu, didalam bioma terjadi siklus. Siklus yang diawali dari tumbuhan.

    Bioma adalah wilayah geografis yang sangat luas dan lebih besar dari sebuah ekosistem. Bioma diberi nama berdasarkan iklim serta organisme yang ada di sana. Bioma dibedakan menjadi beberapa jenis. Jenis-jenis bioma ditentukan berdasarkan iklim, curah hujan, letak geografis, serta intensitas sinar matahari. Contohnya di Sumatra, Kalimantan, dan Papua terdapat hutan hujan tropis dan Pulau Jawa terdapat bioma hutan musim. Perbedaan ini dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk mendukung kegiatan sehari-hari. Misalnya, masyarakat menggunakan daun pohon jati sebagai pembungkus makanan. Penduduk di Papua menggunakan jerami dan rumput alang-alang sebagai atap rumah. Selain itu, flora di bioma juga dapat dimanfaatkan untuk dibuat kerajinan. Contohnya dimanfaatkan untuk pembuatan kartu ucapan daun kering. Untuk dapat membuat kerajinan kartu ucapan daun kering dalam pemanfaatan keanekaragaman flora di Indonesia, ikuti langkah berikut ini.

Alat dan Bahan

  1. Daun kering atau tumbuhan kering
  2. Gunting
  3. Lem
  4. Bingkai/figura
  5. Silica gel

Langkah Pembuatan

  1. Pilih daun kering yang berwarna, bentuk, dan pola tulang daunnya menarik. Jika dirasa perlu, gunakan juga bunga tertentu. Daun yang sering dimanfaatkan untuk pembuatan kerajinan yaiut: daun paku-pakuan.  Karena Indonesia berada di iklim tropis, sehingga mudah ditemukan tanaman jenis paku-pakuan
  2. Pastikan daun yang digunakan cukup tua, tetapi tidak terlalu kering. Hindari daun yang sudah sangat kering, karena mudah rusak.
  3. Keringkan daun dalam wadah tertutup berisi silica gel. Lama pengeringan sangat tergantung pada kelembapan daun dan banyaknya daun yang dimasukkan.
  4. Cara mengeringkan daun dengan cara meletakan di bagian tengah buku. Kemudian tutup buku rapat-rapat
  5. Siapkan bingkai dari papan kayu dan pastikan permukaannya bersih.
  6. Agar lebih menarik, bingkai foto dapat dicat terlebih dahulu.
  7. Lem daun kering pada papan kayu dengan lem kayu dan sesuaikan dengan rancangan bentuk yang diinginkan.

    Berikut ini video untuk membuat kerajinan daun kering (herbarium).