Memperbaiki Stuktur Tanah dengan Membuat Pupuk Organik

 

     Karakteristik tanah di permukaan bumi berbeda-beda. Hal tersebut terjadi karena proses pembentukan di setiap wilayah berbeda-beda pula. Proses pembentukan tanah terjadi akibat tenaga eksogen, yaitu pelapukan, pengikisan, pergerakan (pengendapan) dan tenaga endogen seperti aktivitas vulkanik.

    Akibatnya beberapa wilayah dipermukaan bumi memiliki kondisi kesuburan tanah yang berbeda. Contohnya, di negara tropis dan negara yang dilaui gunung berapi memiliki kondisi tanah yang subur. Hal ini disebabkan negara tropis memiliki bioma hutan yang luas. Residu dari bioma hutan mengalami pembusukan yang membuat tanah didalamnya menjadi subur.

    Namun, di wilayah lainnya terdapat daerah yang memiliki kondisi kesuburan tanah rendah. Biasanya hal ini disebabkan lapisan struktur tanah yang unik. Lapisan struktur tanah yang subur terdapat pada lapisan paling atas atau disebut horizon O. Minimnya residu dari organisme mengakibatkan minimnya pembusukan di lapisan tersebut. Lalu, apakah lapisan organik pada tanah dapat di manipulasi/disuburkan?


Memperbaiki Stuktur Lapisan Tanah dengan Pupuk Organik

    Kondisi kesuburan tanah yang berbeda-beda dapat mempengaruhi kehidupan masyarakat. Masyarakat yang bekerja sebagai petani akan memiliki hasi panen yang rendah. Hal ini dapat di atasi dengan menggunakan pupuk organik.

    Pupuk organik dapat memperbaiki kondisi tanah karena memiliki unsur-unsur hara hasil pembusukan. Semakin tebal pupuk organik pada struktur lapisan tanah, maka akan berdampak baik bagi tanaman. Bakteri-bakteri yang dihasilkan dari pembuatan pupuk organik juga baik untuk perbaikan lapisan tanah

    Wilayah yang telah subur dapat secara otomatis mengahsilkan pupuk organik. Karena daun-daun yang gugur akan membusuk dengan sendirinya di atas tanah. Berbeda dengan wilayah yang tidak subur/tidak terdapat pepohonan.


Cara membuat pupuk organik untuk memperbaiki lapisan tanah.

    Pembuatan pupuk organik ini sangat sederhana dan mudah dilakukan. Kamu hanya tinggal mengumpulkan sampah hasil memasak sayuran di rumah. Masukan sampah hasil memasak sedikit-demi sedikit. Hingga pada akhirnya akan menghasilkan sebuah pupuk organik.


    Pupuk yang kamu hasilkan juga dapat digunakan untuk menanam sayuran.  Sehingga hasilnya dapat kamu manfaatkan kembali. Kamu juga dapat mendukung pengurangan limbah rumah tangga di lingkunganmu. 


     Berikut ini langkah-langkah memperbaiki stuktur lapisan tanah dengan membuat pupuk organik .


 Alat dan Bahan

  1. Ember bekas cat ukuran 20 liter    
  2. Solder    
  3. Sampah organik    
  4. Bakteri cair Em4

 

Langkah-langkah Pembuatan

  1. Siapkan alat dan bahan yang digunakan untuk membuat pupuk organik untuk memperbaiki struktur lapisan tanah.
  2. Lubangi ember bekas cat. Gunakan solder untuk melubangi ember. Buat lubang sebanyak 18 lubang. Beri jarak 20 cm tiap lubangnya. Lubang yang dibuat berfungsi untuk tumbuh kembang bakteri anaerob. Lubang digunakan sebagai jalur masuk oksigen yang dibutuhkan oleh bakteri anaerob. Bakteri anaerob ini membantu proses pembuatan pupuk organik agar sampah tidak berbau menyengat.
  3. Masukan sampa-sampah organik seperti buah-buahan, sayuran, atau daun kering. Setiap hari kamu dapat menambahkan sampah organik ke dalam ember tersebut.
  4. Tambahkan segenggam tanah di atas tumpukan sampah.
  5. Kocorkan bakteri cair satu sendok makan pada ember tersebut.
  6. Tutup ember yang digunakan untuk membuat pupuk. Tunggu selama 2 sampai 3 bulan atau hingga semua sampah berubah menjadi tanah. Ciri-ciri pupuk organik yang telah siap, yaitu berwarna hitam, tidak berbau, dan adanya biji yang telah tumbuh.
  7. Pupuk organik telah selesai dibuat. Kamu dapat memanfaatkanya untuk memperbaiki struktur
    lapisan tanah yang ada di lingkunganmu.  Caranya, taburkan pupuk yang telah kamu buat pada tanah yang ingin diperbaiki lapisannya. Kamu juga dapat menjualnya di media sosial. Jika ingin menjualnya, buat kemasan yang menarik agar cepat laku.


    Itulah tadi langkah-langkah memperbaiki stuktur lapisan tanah dengan membuat pupuk organik. Cukup sederhana bukan? Kamu dapat membuatnya bersama keluargamu di rumah. Sehingga sampah-sampah organik yang ada dirumah dapat dimanfaatkan untuk menyuburkan tanah.
    
    Selain itu pupuk organik yang dihasilkan dapat dijual. Sehingga masyarakat dari daerah lain yang tanahnya kritis, dapat membeli pupuk organik hasil olahanmu.

    Berikut ini video cara membuat pupuk organik.