Solusi Mengurangi Sampah Plastik dengan Membuat Permen Sedotan

Dunia saat ini sedang berfokus pada pengurangan sampah plastik. Saat ini produksi sampah plastik dunia telah mencapai 353 juta ton pada tahun 2020. Sampah tersebut 40% berasal dari kemasan, 12% dari barang kosumsi dan 11% dari pakaian tekstil. Seperti yang kita semua ketahui, sampah plastik memiliki waktu yang lama agar dapat terurai. Sampah plastik diperlukan waktu 50 - 100 tahun agar dapat terurai oleh bakteri Ideonella sakaiensis.

Namun, saat pemakaian plastik belum dapat diminimalkan. Karena dalam kehidupan sehari-hari pun kita masih sering kali menemui sampah plastik. Seperti, sedotan, tas belanja, pembungkus makanan, snack, dan masih banyak lagi. Jika penggunaan plastik tidak segera diminimalisir, bukan tidak mungkin sampah-sampah plastik yang ada akan terus bertambah. Nantinya, sampah plastik ini akan berdampak kepada lingkungan sekitar kita.

Sudah banyak ditemukan kasus lingkungan yang tercemar akibat sampah plastik. Tidak jarang mahkluk hidup yang menghuni lingkungan tersebut juga ikut terdampak. Mereka secara tidak sengaja memakan sampah plastik, bahkan hingga melukai hewan tersebut. Hal tersebut tentunya akan mengganggu kesetabilan ekosistem. Ketika ekosistem terganggu dapat berdampak kepada kehidupan manusia.

Lalu bagaimana solusi untuk mengatasi sampah plastik ini?


Salah satu solusi yang mudah dan dapat dilakukan semua orang yaitu mengurangi penggunaan sedotan plastik. Sedotan plastik merupakan salah satu sampah yang dapat mencemari lingkungan. Sedotan plastik juga memerlukan waktu hingga 20 tahun agar dapat terurai.

Kamu dapat menggunakan bahan baku pengganti plastik sebagai pembuat sedotan. Seperti, permen, rumput purun, atau bambu. Bahan-bahan seperti itu dapat dengan mudah diurai oleh mikroorganisme yang ada.

Cara membuat sedotan dari permen.


Bahan baku untuk membuat sedotan tidak hanya berasal dari plastik. Namun, juga dapat berasal dari permen. Sedotan yang digunakan juga dapat dinikmati, karena memiliki rasa manis. Kamu dapat menikmati segelas minuman dengan sedotan dari permen tanpa menghasilkan sampah. Cara pembuatannya juga sederhana, kamu dapat membuat sedotan dari permen bersama keluarga, sahabat, atau sanak saudara. Berikut ini cara membuat sedotan dari permen.


Alat dan bahan :

  1. Permen kristal
  2. Kertas silfat roti
  3. Loyang
  4. Oven
  5. Sarung tangan
  6. Sumpit


Langkah pembuatan :

  1. Siapkan alat dan bahan untuk membuat sedotan dari permen.
  2. Letakan kertas silfat roti di atas loyang.
  3. Susun permen kristal sebanyak 3 buah atau 100 gram di atas kertas silfat roti.
  4. Letakan sumpit di atas permen kristal. Pastikan letaknya berada di tengah.
  5. Kemudian masukan loyang ke dalam oven. Panaskan hingga permen kristal mencair atau
    panaskan selama 3-5 menit.
  6. Keluarkan loyang selagi panas. Jangan lupa menggunakan sarung tangan ketika mengolah sedotan dari permen.
  7. Gulung permen hingga menyelimuti sumpit.
  8. Diamkan cetakan sedotan hingga dingin. Ketika sudah dingin, lepaskan sumpit dari sedotan.
  9. Sedotan dari permen siap digunakan.


Itulah tadi  solusi mengurangi sampah plastik dengan membuat permen sedotan. Bahan baku yang digunakan juga sederhana, yaitu permen dan sumpit. Sedotan yang dibuat juga dapat dinikmati, sehingga tidak menimbulkan sampah. Kamu dapat membuat sedotan dari permen bersama orang tua, saudara maupun temanmu. Selamat mencoba.

Berikut ini video cara maembuat sedotan dari permen.