Kerajinan dari Akar Bambu yang Unik dan Memiliki Nilai Ekonomis Tinggi





Kerajinan dari akar bambu menghasilkan nilai jual cukup tinggi. Akar bambu sebenarnya merupakan limbah. Namun untuk tangan para perajin dapat menyulapnya menjadi produk dengan nilai ekonomis tinggi. Bahkan produk kerajinan yang dihasilkannya sangat diminati wisatawan baik domestik dan mancanegara. 

Inilah Beberapa Jenis Kerajinan dari Akar Bambu yang Perlu Anda Ketahui


Akar bambu umumnya hanya digunakan sebagai kayu bakar. Namun kini dapat mengubahnya menjadi berbagai jenis kerajinan. Tentunya banyak juga ide unik dan kreatif untuk membuat kerajinan. Berikut ini beberapa jenis kerajinan unik yang perlu Anda ketahui.

Kentongan


Biasanya jenis kentongan hanya berasal dari batang kayu atau bambu biasa. Namun, dengan membuat kentongan yang berasal dari akar bambu memiliki ciri khas yang unik. Kerajinan ini sangat cocok untuk Anda pajang di depan rumah atau di tempat-tempat lain, seperti halnya pos ronda. Tidak hanya memiliki keunikan tersendiri, namun kerajinan ini juga memiliki harga nilai seni yang lumayan.
Angsa dari Akar Bambu

Angsa dari akar bambu tentu memiliki keunikan dan nilai seni yang tinggi. Kerajinan ini sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai hiasan di rumah. Tidak hanya dapat menambah kecantikan ruangan rumah, namun kerajinan ini juga dapat menarik perhatian tamu yang berkunjung.

Untuk mendapatkan kerajinan yang satu ini, kini Anda membeli di toko-toko kerajinan. Selain itu, Anda juga dapat datang langsung ke pembuatnya. Kisaran harga yang ditawarkan bervariasi, tergantung motif dan tingkat kesulitan dalam pembuatannya. 

Celengan Babi


Jenis kerajinan dari akar bambu lainnya yakni celengan babi. Meski biasanya celengan terbuat dari bahan plastik, namun kini ada yang terbuat dari bahan alami seperti akar bambu. Akar bambu adalah bahan yang masih alami yang membutuhkan olahan khusus.

Sehingga dapat menciptakan kerajinan-kerajinan unik lainnya. Jenis kerajinan ini cocok untuk Anda tempatkan pada ruangan-ruangan tertentu. Mulai dari ruang tamu hingga ruang kamar Anda.
Patung Purba

Patung umumnya hanya terbuat dari sebuah ukiran kayu biasa. Namun, kini ada patung purba yang terbuat dari akar bambu. Anda tentu dapat membayangkan keindahan yang dimiliki dari hasil akar bambu ini.

Selain itu, jenis kerajinan ini sangat cocok untuk Anda jadikan benda hias dalam rumah. Saat ini Anda dengan mudah mendapatkannya, caranya hanya datang ke toko kerajinan. Namun Anda juga dapat memilih datang langsung ke pengrajinnya untuk mendapatkan harga lebih terjangkau.
Bebek

Sebuah kerajinan yang bentuknya bebek, biasanya hanya terbuat dari bahan plastik atau kayu biasa. Namun, saat ini ada sebuah kerajinan bebek berasal dari bahan alami yakni akar bambu. Tentu Anda dapat membayangkan tingkat kesulitan dalam pembuatannya. Sehingga tidak heran apabila hasil kerajinan akar bambu ini memiliki nilai dan harga cukup tinggi. 

Kerajinan Ular Naga


Kerajinan ular naga umumnya juga terbuat dari kayu-kayu tertentu. Namun, kali ini ada kerajinan ular naga dari bahan alami yakni bahan akar bambu. Untuk mendapatkan bahan tersebut terbilang tidak mudah. Oleh karena itu, tidak heran apabila kerajinan ular naga memiliki harga dan nilai seni cukup tinggi. Harga tersebut umumnya tergantung dari ukuran dan motif yang dimilikinya.
Kerajinan Asbak

Asbak adalah sebuah tempat yang digunakan sebagai tempat untuk pembuangan rokok. Bahkan biasanya hanya terbuat dari kayu biasa. Namun, kini ada asbak yang terbuat dari bahan akar bambu. Para pengrajin yang membuat asbak unik dari ide akar bambu. Untuk harga asbak akar bambu di pasaran juga memiliki nilai seni cukup tinggi.

Saat ini, ada berbagai jenis kerajinan dari akar bambu yang unik dan memiliki nilai ekonomis tinggi. Harga tersebut umumnya tergantung dari ukuran dan tingkat kesulitan dalam pembuatannya.