Pengertian dan Macam Survei Lapangan di Bidang Teknik

Pengertian dan Macam Survei Lapangan di Bidang Teknik
Survei dapat diartikan dalam beberapa sudut pandang. Survei adalah seuatu kegiatan penyelidikan yang dilakukan untuk memperoleh fakta-fakta dari gejala-gejala yang ada dan mencari keterangan secara faktual, baik mengenai instutisi sosial, ekonomi, ataupun politik dari suatu kelompok (Nazir dalam Yunus, 2021).

Finterbusch (1983) memberikan pengertian survei secara ringkas, yaitu survei merupakan kegiatan investigasi menggunakan kuesioner untuk memperoleh data.

Data yang diambil ketika melakukan survei berbeda-beda. Hal ini tergantung kepada kebutuhan seorang analis data. Data yang biasanya diambil ketika survei, seperti data berdasarkan point of interest (POI), pengambilan data harga makanan, pengambilan sebaran data toko kelontong, data ketinggian tanah, data penghasilan orang, dan sebagainya.

Adapun seseorang yang melakukan survei disebut dengan surveyor. Surveyor dapat bekerja dalam bidang teknik (engineering). Surveyor adalah seseorang yang menetapkan batas tanah, wilayah udara, dan perairan secara resmi. Suveryor juga melakukan proses menganalisa dan mengumpulkan data mengenai karakteristik suatu area untuk membantu mendesain rencana atau peta untuk konstruksi

Surveyor bekerja dengan teknik lainnya, seperti teknik sipil, arsitek, dan perencana wilayah dan kota. Data yang diambil oleh surveyor digunakan untuk mengembangkan desain yang komprehensif. Mereka bekerja di lapangan di berbagai jenis medan, dan mereka juga bekerja di dalam ruangan untuk menyiapkan dokumen hukum dan laporan lainnya. Alat yang digunakan oleh surveyor (teknik), antara lain total station, theodolit, rodometer, GPS geodetik, drone, dan lainnya.

Macam-macam Survei dalam Teknik

Survei dalam bidang teknik dapat dibedakan menjadi beberapa, yaitu survei geodesi, kadaster, topografi, as-built, fotogrametri, dan satelit (LiDAR).

Survei Geodesi

Survei Geodesi merupakan kegiatan survei yang dilakukan dengan skala besar untuk menentukan kerangka jaring control. Kerangka jaring kontrol ini dapat meliputi area yang sangat luas/jarak yang jauh. Data survei geodesi biasanya digunakan untuk memperoleh data panjang jalan, luas tanah proyek, dan profil sungai.

Survei Kadaster

Survei kadaster merupakan kegiatan survei yang dilakukan untuk menentukan batas-batas dan kepemilikan tanah. Data survei kadaster biasanya digunakan untuk menghasilkan peta persil tanah. Peta persil tanah berisi kumpulan satu atau lebih bidang tanah yang dijelaskan dalam sertifikat hak.

Survei Topografi

Survei topografi merupakan kegiatan survei yang dilakukan untuk menentukan susunan/bentuk suatu area serta variasi ketinggiannya (bentuk permukaan bumi). Data survei topografi biasanya digunakan dalam perencanaan pembangunan, baik jalan, gedung, militer, maupun fasilitas lainnya.

Pengertian dan Macam Survei Lapangan di Bidang Teknik
Pengambilan data lapangan dengan survei topografi

Survei As-Built

Survei as built merupakan kegiatan survei yang dilakukan setelah selesainya suatu proyek konstruksi. Data dari survei as-built digunakan untuk mengecek kesesuaian konstruksi dengan gambar rencana.

Survei Fotogrametri (Survei Udara)

Survei fotogrametri merupakan kegiatan survei yang dilakukan dengan mengambil foto menggunakan wahana pesawat dari ketinggian tertentu. Data dari survei fotogrametri digunakan untuk menganalisis kenampakan alam ataupun buatan suatu wilayah. Data dari survei ini juga dapat menampilkan kenampakan suatu wilayah secara 3 dimensi dengan menggunakan stereoskop.

Pengertian dan Macam Survei Lapangan di Bidang Teknik
Pemasangan titik ikat menggunakan GPS Geodetik

Saat ini survei fotogrametri/survei udara telah berkembang pesat. Perkembangan ini salah satunya pada biaya dan metode yang lebih efisien. Dahulu survei fotogrametri harus menggunakan pesawat besar serta menentukan jalur terbang secara tertulis. Namun sekarang survei fotogrametri dapat dilakukan dengan pesawat tanpa awak (drone baik fixed wing ataupun quadcopter). Sehingga memudahkan pengambilan data.

Pengertian dan Macam Survei Lapangan di Bidang Teknik
Pengambilan data lapangan dengan survei Fotogrametri

Survei Satelit (Survei Udara)

Survei Satelit meruakan kegiatan yang dilakukan menggunakan sensor dari jarak jauh. Sensor akan menangkap gelombang elektromagnetik yang dipantulkan oleh benda-benda di bumi. Selain itu survei satelit juga dapat digunakan dalam bidang teknik, yaitu dengan menggunakan LiDAR (Light Detection And Ranging). LiDAR menghasilkan data dari cahaya yang dipantulkan oleh laser, sehingga menghasilkan jarak dengan objek. Jarak tersebut daoat digunakan sebagai acuan topografi