Demografi = Geografi Penduduk ?



Demografi adalah ilmu yang mempelajari dinamika kependudukan manusia. Demografi meliputi ukuran, struktur, dan distribusi penduduk, serta bagaimana jumlah penduduk berubah setiap waktu akibat kelahiran, kematian, migrasi, serta penuaan.  Analisis kependudukan dapat merujuk masyarakat secara keseluruhan atau kelompok tertentu yang didasarkan kriteria seperti pendidikan dan demografi adalah suatu studi statistik dan matematis tentang jumlah, komposisi san persebaran penduduk, serta perubahan faktor faktor setelah melewati kurun waktu yang disebabkan oleh lima proses yaitu fertilitas, moralitas, perkawinan, migrasi dan mobilitas sosial. kewarganegaraan, agama, atau etnisitas tertentu. Sedangkan Geografi penduduk merupakan cabang geografi manusia yang obyek studinya meliputi penyebaran, densitas, perbandingan jenis kelamin penduduk di suatu wilayah.
Geografi Penduduk berbeda dengan Demografi. Demografi dalam mempelajari dinamika penduduk tidak melihat daya dukung lingkungan dengan faktor alam, hanya mengakaji Antroposfer saja, sedangkan geografi penduduk tidak hanya mempelajari antroposfer saja tetapi berhubungan dengan fenomena geosfer lainnya.

Contoh analisis penduduk melalui pendekatan keruangan adalah,tingginya angka kelahiran di suatu wilayah jika dikaitkan dengan ruang maka akan berdampak pada daya dukung alam sebagai tempat tinggal manusia. hubungan manusia dengan alam adalah hubungan sebab - akibat,  dan manuasia sebagai makhluk yang berakal - berbudaya maka manusia  dengan kemampuannya harus mampu menjaga keseimbangan alam yang kemampuan daya dukungnya semakin lama semakin berkurang.

Jadi, Geografi Penduduk merupakan studi tentang cara dimana variasi spasial dalam distribusi, komposisi, migrasi, dan pertumbuhan populasi yang berkaitan dengan sifat tempat