TUTORIAL ArcGis : OVERLAY / INTERSECT PETA

Software GIS ArcView banyak digunakan untuk memperbaharui data dan dapat dilakukan dalam waktu yang singkat dan akurat. Analisis keruangan yang terdapat pada software ini berupa overlay, spatial analysis, three dimention analysis (3D), dan buffer analysis.

Dalam tutorial kali ini saya akan menjelaskan cara untuk overlay/tumpang susun. Overlay atau tumpang susun peta adalah kegiatan tumpang susun peta dengan skala yang sama dengan tujuan untuk menghasilkan informasi baru. Sedangkan spatial analysis adalah suatu teknis analisis untuk menentukan jarak terdekat. 

Overlay/tumpang susun peta digunakan untuk pembuatan peta arahan penggunaan lahan, indeks tata guna lahan, kemampuan lahan, fungsi kawasan, pola permukiman, dan lain sebagainya.

Contoh overlay dijelaskan pada gambar berikut ini misal : Peta 1 adalah Peta Curah Hujan, Peta 2 adalah Peta Penggunaan Lahan dan Peta 3 adalah Peta Jenis Tanah maka akan menghasilkan Peta Indeks Penggunaan Lahan.



Dalam ArcGis tools untuk melakukan Overlay dinamakan Intersect. Hal yang harus dilihat pertama kali ketika ingin melakukan Overlay atau Intersect yaitu pastikan  setiap peta memiliki Koordinat Datum yang sama sehingga dapat dilakukan Overlay seperti gambar dibawah.


Berikut Inilah langkah overlay :

  • Buka Arcmap
  • Add data shapefile disini saya menggunakan data Hidrologi, Jenis Batuan dan Penggunaan lahan


  • Klik Arctoolbox > Analysis Tools > Overlay > Intersect 
  • Input Feature : Input semua shapefile (Hidrologi, Jenis Batuan dan Penggunaan lahan), output : pilih folder penyimpanan shapfile hasil intersect dan pada kolom laiinya biarkan default atau tidak usah diganti
  • Setelah berhasil maka akan seperti hasil dibawah ini
  • Untuk mengetahui hasil dari Intersect tersebut berhasil dapat dilihat pada Open Atribut Tabel.
Setelah tabel terbuka maka dapat dibaca pada tabel yang diblok biru menyala bahwa daerah tersebut memiliki klasifikasi dari hasil Intersect Hidrologi, Jenis Batuan dan Penggunaan Lahan. Seperti hasil dibawah ini dengan polygon yang telah di-select polygon tersebut memiliki Batuan : Aluvium ,dengan air tanah yang langka dan memiliki penggunaan lahan sawah.