Apa itu Geografi | Pengertian Geografi

Geografi berasal dari Bahasa Yunani, yaitu geo(s) dan grapheinGeo(s) artinya bumi, graphein artinya menggambarkan, mendeskripsikan ataupun mencitrakan. Secara harfiah Geografi berarti ilmu yang menggambarkan tentang bumi. Menurut Bintarto, Geografi adalah ilmu yang mempelajari/ mengkaji bumi dan segala sesuatu yang ada di atasnya, seperti penduduk, flora, fauna, iklim, udara dan segala interaksinya.
Menurut Seminar dan Lokakarya Ikatan Geograf Indonesia (SEMILOKA IGI) tahun 1989, Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dalam sudut pandang kelingkungan dan kewilayahan dalam konteks keruangan.
Seperti lazimnya bidang keilmuan yang lain, geografi juga mempunyai obyek formal dan obyek material; Obyek formal adalah dari sudut pandang mana kajian ilmu tersebut dilihat, sedangkan obyek material adalah apa yang dipelajari oleh ilmu tersebut. Obyek formal geografi mencakup pendekatan yang digunakan dalam memecahkan suatu persoalan geografi, sedangkan obyek material geografi adalah geosfer. Geosfer adalah lapisan-lapisan bumi, yang mencakup:
    Lapisan Kulit/ kerak bumi (Lithosfer)
  1. Lapisan Udara (Atmosfer)
  2. Lapisan Air (Hidrosfer)
  3. Lapisan Makluk hidup (Biosfer)
  4. Lapisan Manusia (Antroposfer)