Pengertian/Definisi nelayan

Nelayan dapat didefinisikan sebagai individu ataupun komunitas yang secara keseluruhan ataupun sebagian hidupnya bergantung pada kegiatan penangkapan ikan di laut. Sedangkan orang yang melakukan pekerjaan seperti membuat kapal, dan mengangkut ikan tidak termasuk kedalam kategori nelayan. Kegiatan nelayan dalam mencari ikan dilaut sangat tergantung kepada musim. 
Musim kemarau panjang yang hampir setiap tahun terjadi membuat kegiatan para nelayan terhambat sehingga pendapatannya menurun.

Masa-masa tersebut biasanya disebut sebagai musim paceklik. Sebaliknya, datangnya musim hujan merupakan pertanda awal berlangsungnya musim-musim penangkapan ikan sehingga akan memberikan sedikit ruang yang memudahkan nelayan memenuhi kebutuhan hidupnya (Kusnadi, 2008 :1). Laut secara langsung menjadi lahan hidup yang paling utama bagi nelayan. Kusnadi juga menyebutkan bahwa “sumber daya laut adalah potensi utama yang menggerakan kegiatan perekonomian nelayan bersifat tidak stabil karena sangat bergantung pada tinggi rendahnya produksi perikanan”
Kemiskinan dan kesulitan-kesulitan hidup lainnya merupakan siklus peristiwa sosial ekonomi yang selalu berulang setiap tahun atau bahkan sepanjang tahun menimpa rumah tangga nelayan. Selain persoalan lingkungan pesisir dan laut, kemiskinan nelayan merupakan isu besar yang terjadi karena factor-faktor yang kompleks (Kusnadi, 2008:3). Nelayan sering kali mendapatkan hasil yang tidak menentu, maka tidak mengherankan jika keadaan sosial ekonomi nelayan termasuk pada kondisi miskin.


Sumber :

  • Kusnadi. 2009. Keberdayaan Nelayan dan Dinamika Ekonomi Pesisir. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta.
  • Lailiyah, Alfi. 2018. Strategi Coping Nelayan Terhadap Perubahan Iklim Di Kecamatan Tugu. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang