Penyebab Perubahan Iklim

sumber : satelit.bmkg.go.id

Iklim adalah rata-rata cuaca dimana cuaca merupakan keadaan atmosfer pada suatu saat di waktu tertentu. Iklim didefinisikan sebagai ukuran rata-rata dan variabilitas kuantitas yang relevan dari variabel tertentu (seperti temperatur, curah hujan atau angin), pada periode waktu tertentu, yang merentang dari bulanan hingga tahunan atau jutaan tahun. Iklim berubah secara terus menerus karenainteraksi antara komponen-komponennya dan faktor eksternal seperti erupsi vulkanik, variasi sinar matahari, dan faktor-faktor disebabkan oleh kegiatan manusia seperti misalnya perubahan pengunaan lahan dan penggunaan bahan bakar fosil. The National Oceanic and Atmospheric  Administration (NOAA, 2007) menyebutkan bahwa ada dua penyebab perubahan iklim, yaitu:

1. Variabilitas Alam

Perubahan iklim merupakan bagian normal dari variabilitas alami Bumi, yang berkaitan dengan interaksi antara atmosfer, laut, dan tanah, serta perubahan jumlah radiasi matahari yang mencapai bumi. Catatan geologi meliputi bukti yang signifikan untuk perubahan iklim skala besar di masa lalu bumi. Contoh variabilitas ini ditunjukkan dalam plot bawah data suhu untuk 420.000 tahun terakhir, berasal dari inti es Antartika.

2. Perubahan yang disebabkan oleh manusia

Beberapa gas alami, seperti karbon dioksida (CO2) dan uap air (H2O), memerangkap panas di atmosfer yang menyebabkan efek rumah kaca. Pembakaran bahan bakar fosil, seperti minyak, batu bara, dan gas alam adalah menambahkan CO2 ke atmosfer. Tingkat saat ini adalah yang tertinggi dalam 650.000 tahun terakhir. Laporan Penilaian Keempat dari Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim menyimpulkan, bahwa sebagian besar peningkatan yang diamati dalam suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya diamati pada konsentrasi gas rumah kaca antropogenik. Dengan meningkatnya emisi dan berkurangnya penyerapan, tingkat gas rumah kaca di atmosfer kini menjadi lebih tinggi ketimbang yang pernah terjadi di dalam catatan sejarah. Badan dunia yang bertugas memonitor isu ini Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC, 2007) telah memperkirakan bahwa antara tahun 1750 dan 2005 konsentrasi karbon dioksida di atmosfer meningkat dari sekitar 280 ppm (parts per million) menjadi 379 ppm per tahun dan sejak itu terus meningkat dengan kecepatan 1,9 ppm per tahun. Akibatnya, pada tahun 2100 nanti suhu global dapat naik antara 1,8 hingga 2,9 ⁰C.

Berdasarkan artikel yang disampaikan, terdapat dua penyebab perubahan iklim, yaitu variabilitas alam dan perubahan yang disebabkan oleh manusia. Variabilitas alam merupakan bagian normal dari variabilitas bumi dan berkaitan dengan interaksi antara atmosfer, laut, dan tanah, serta perubahan jumlah radiasi matahari yang mencapai bumi. Sedangkan perubahan yang disebabkan oleh manusia terjadi karena aktivitas manusia, seperti pembakaran bahan bakar fosil yang menambahkan karbon dioksida (CO2) ke atmosfer, serta perubahan penggunaan lahan.

Sumber

  • http://ditjenppi.menlhk.go.id/kcpi/index.php/info-iklim/perubahan-iklim
  • Lailiyah, Alfi. 2018. Strategi Coping Nelayan Terhadap Perubahan Iklim Di Kecamatan Tugu. Skripsi. UNNES: Semarang.
  • NOAA. 2007. Climate Change. NOAA National Weather Services : USA. https://www.ncdc.noaa.gov/oa/climate/research/2007/ann/ann07
close