Unsur Obyek Wisata

Menurut Edward Inskeep (1991:27), mengatakan bahwa suatu obyek wisata harus mempunyai 5 unsur penting, yaitu:
  • Daya tarik merupakan faktor utama yang menarik wisatawanmengadakan perjalanan mengunjungi suatu tempat, baik suatu tempatprimer yang menjadi tujuan utamanya, atau tujuan sekunder yangdikunjungi dalam suatu perjalanan primer karena keinginannya untukmenyaksikan, merasakan, dan menikmati daya tarik tujuan tersebut.Sedangkan daya tarik sendiri dapat diklasifikan kedalam daya tarik lokasiyang merupakan daya tarik permanen.
  • Prasarana Wisata ini dibutuhkan untuk melayani wisatawan selamaperjalanan wisata.Fasilitas ini cenderung berorientasi pada daya tarikwisata di suatu lokasi, sehingga fasilitas ini harus terletak dekat dengan objek wisatanya. Prasarana wisata cenderung mendukung kecenderungan perkembangan pada saat yang bersamaan. Prasarana wisata ini terdiri dari:
a. Prasarana akomodasi Prasarana akomodasi ini merupakan fasilitas utama yangsangat penting dalam kegiatan wisata.Proporsi terbesar daripengeluaran wisatawan biasanya dipakai untuk kebutuhanmenginap, makan dan minum.Daerah wisata yang menyediakantempat istirahat yang nyaman dan mempunyai nilai estetika tinggi,menu yang cocok, menarik, dan asli daerah tersebut merupakansalah satu yang menentukan sukses tidaknya pengelolaan suatudaerah wisata.
b. Prasarana pendukung Prasarana pendukung harus terletak ditempat yang mudah dicapai oleh wisatawan. Pola gerakan wisatawan harus diamati atau diramalkan untuk menentukan lokasi yang optimal mengingat prasarana pendukung akan digunakan untuk melayani mereka.Jumlah dan jenis prasarana pendukung ditentukan berdasarkan kebutuhan wisatawan.
  • Sarana Wisata  merupakan kelengkapan daerah tujuan wisata yangdiperlukan untuk melayani kebutuhan wisatawan dalam menikmatiperjalanan wisatanya. Pembangunan sarana wisata di daerah tujuan wisata maupun objek wisata tertentu harus disesuaikan dengan kebutuhanwisatawan, baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Lebih dari itu, selera pasar pun dapat menentukan tuntutan berbagai sarana yang dimaksud.Berbagai sarana wisata yang harus disediakan di daerah tujuan wisataantara lain biro perjalanan, alat transportasi, dan alat komunikasi, sertasarana pendukung lainnya. Tidak semua objek wisata memerlukan saranayang sama atau lengkap. Pengadaan sarana wisata tersebut harusdisesuaikan dengan kebutuhan wisatawan.
  • Infrastruktur adalah situasi yang mendukung fungsi sarana dan prasarana wisata, baik yang berupa sistem pengaturan maupun bangunan fisik diatas permukaan tanah dan di bawah tanah, seperti: sistem pengairan,area parkir, sumber listrik dan energi, sistem jalur angkutan dan terminal, sistem komunikasi, sistem pembuangan sampah serta sistem keamanan atau pengawasan. Infrastruktur yang memadai dan terlaksana dengan baik di daerah tujuan wisata akan membantu meningkatkan fungsi sarana wisata, sekaligus membantu masyarakat dalam meningkatkan kualitas hidupnya.
  • Masyarakat, Lingkungan, dan Budaya 13 Daerah dan tujuan wisata yang memiliki berbagai objek dan dayatarik wisata akan mengundang kehadiran wistawan. Beberapa hal yangperlu diperhatikan dalam kaitannya dengan masyarakat, lingkungan danbudaya adalah sebagai berikut:
a. Masyarakat Masyarakat di sekitar obyek wisatalah yang akanmenyambut kehadiran wisatawan tersebut, sekaligus akanmemberikan layanan yang diperlukan oleh para wisatawan.Layanan yang khusus dalam penyajiannya serta mempunyaikekhasan sendiri akan memberikan kesan yang mendalam. Untukitu masyarakat di sekitar objek wisata perlu mengetahui berbagaijenis dan kualitas layanan yang dibutuhkan oleh para wisatawan.
b. Lingkungan Disamping masyarakat di sekitar objek wisata, lingkunganalam di sekitar objek wisata pun perlu diperhatikan denganseksama agar tidak rusak dan tercemar.Lalu-lalang manusia yangterus meningkat dari tahun ke tahun dapat mengakibatkan rusaknyaekosistim dari fauna dan flora di sekitar objek wisata.Oleh sebab itu perlu adanya upaya untuk menjaga kelestarian lingkunganmelalui penegakan berbagai aturan dan persyaratan dalampengelolaan suatu objek wisata.
c. Budaya Lingkungan masyarakat dalam lingkungan alam di suatuobjek wisata merupakan lingkungan budaya yang menjadi pilarpenyangga kelangsungan hidup suatu masyarakat.Oleh karena itulingkungan budaya ini pun kelestariannya tak boleh tercemar olehbudaya asing, tetapi harus ditingkatkan 14 kualitasnya sehingga dapatmemberikan kenangan yang mengesankan bagi setiap wisatawanyang berkunjung.


 Sumber :

  • Inskeep, Edward, 1991, Tourism Planning: An Integrated and Sustainable Development Approach, Van Nostrand Reinhold, New York.