Pengertian Udara dan Lapisan Atmosfer Bumi

Lapisan Atmosfer Bumi
source : https://scied.ucar.edu/atmosphere-layers



Udara adalah campuran berbagai macam gas yang tidak berwarna dan tidak berbau yang memenuhi ruang di atas bumi.Udara sebagai sumber daya alam perlu diketahui unsur-unsurnya. Unsur-unsur udara yang kadarnya tetap dan jumlahnya banyak adalah zat lemas (N2) sebanyak 28%, zat asam (O2) sebanyak 21%, argon (Ar) sebanyak 0,9%, asam arang (CO2) sebanyak 0,03%, sedangkan unsur lain-lain (krypton, neon, xenon, hidrogen, dan kalium) sebesar 0,07%.
 Lapisan udara yang menyelubungi bumi disebut atmosfer. Atmosfer Bumi sendiri terdiri dari beberapa lapisan yang berbeda dengan karakteristik dan fungsi masing-masing. Atmosfer dibagi menjadi 4 lapisan, urutanya dari yang terendah yaitu lapisan troposfer, lapisan stratosfer, lapisan mesosfer, dan lapisan termosfer:
  1. Lapisan Troposfer, yaitu lapisan udara paling bawah. Tinggi lapisan troposfer kurang lebih 12 km. di dalam troposfer terdapat kandungan uap air yang sangat banyak.
  2. Lapisan Stratosfer, adalah lapisan udara di atas troposfer. Pada lapisan stratosfer terdapat ozon yang berfungsi menyerap panas sinar matahari. Lapisan ozon mempunyai daya serap yang kuat sehingga panas yang diterima bumi berkurang.
  3. Lapisan Mesosfer, yaitu lapisan udara yang terletak di atas lapisan stratosfer. Lapisan ini berperan sebagai pemantul gelombang radio. Karena itulah, lapisan ini sangat bermanfaat dalam bidang komunikasi.
  4. Lapisan Termosfer, yaitu lapisan udara yang paling atas. Lapisan udara ini mengandung ion (muatan listrik). Makin ke atas makin banyak terjadi ionisasi. Ionisasi terjadi sejak matahari terbit. Makin tinggi kedudukan matahari, makin besar intensitasnya. Pada waktu sore ionisasi semakin berkurang.
Dari penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa udara merupakan campuran dari berbagai macam gas yang tidak berwarna dan tidak berbau serta memenuhi ruang di atas bumi. Udara memiliki unsur-unsur tetap seperti nitrogen, oksigen, argon, karbon dioksida, dan unsur lainnya. Lapisan udara yang menyelubungi bumi disebut atmosfer, yang terdiri dari beberapa lapisan berbeda dengan karakteristik dan fungsi masing-masing, yaitu troposfer, stratosfer, mesosfer, dan termosfer. Troposfer adalah lapisan udara paling bawah yang berisi banyak uap air, sedangkan stratosfer adalah lapisan di atas troposfer yang mengandung ozon yang berfungsi menyerap panas sinar matahari. Mesosfer adalah lapisan di atas stratosfer yang berperan sebagai pemantul gelombang radio, dan termosfer adalah lapisan udara paling atas yang mengandung ion dan berperan dalam komunikasi.
close