Faktor-faktor pengaruh erosi menurut Asdak

Image result for erosion freepik
Menurut Suripin (2002:11) erosi merupakan proses atau peristiwa hilangnya lapisan permukaan tanah atas, baik disebabkan oleh pergerakan air maupun angin. Pada peristiwa erosi, tanah atau bagian-bagian tanah dari suatu tempat terkikis dan terangkut dan kemudian diendapkan pada tempat yang lain.

Faktor-faktor penting yang mempengaruhi erosi antara lain adalah :
       1.            Iklim
Pengaruh iklim terhadap erosi dapat bersifat langsung ataupun tidak langsung. Pengaruh langsung adalah melalui tenaga kinetis air hujan, terutama intensitas dan diameter butiran air hujan. Pada hujan yang intensif dan berlangsung dalam waktu yang pendek, erosi yang terjadi biasanya lebih besar daripada pada hujan dengan intensitas lebih kecil dengan waktu yang lebih lama. Pengaruh iklim tidak langsung ditentukan melalui pengaruhnya terhadap pertumbuhan vegetasi. Dengan kondisi iklim yang sesuai (fluktuasi suhu kecil dengan curah hujan merata), vegetasi dapat tumbuh secara optimal (Asdak, 2002:351).
2.            Tanah
Menurut Asdak (2002:351), empat sifat tanah yang penting dalam menentukan erodibilitas tanah (mudah-tidaknya tanah tererosi) adalah :
a.               Tekstur tanah, berkaitan dengan ukuran dan porsi partikel-partikel tanah dan akan membentuk tipe tanah tertentu.
b.              Unsur organik, terdiri atas limbah tanaman dan hewan sebagai hasil proses dekomposisi.
c.                Struktur tanah, adalah susunan partikel-partikel tanah yang membentuk agregat. Struktur tanah mempengaruhi kemampuan tanah dalam menyerap air tanah.
d.               Permeabilitas tanaman, menunjukkan kemampuan tanah dalam meloloskan air. Struktur dan tekstur tanah serta unsur organik lainnya ikut ambil bagian dalam menentukan permeabilitas tanah.
3.            Topografi
Faktor topografi pada umumnya dinyatakan dalam kemiringan dan panjang lereng. Secara umum erosi akan meningkat dengan meningkatnya kemiringan dan panjang lereng.
4.            Vegetasi
Vegetasi mempunyai pengaruh yang bersifat melawan terhadap faktor-faktor lain yang erosif sepertu hujan, topografi, dan karakteristik tanah. Vegetasi atau tanaman memiliki pengaruh terhadap erosi antara lain :
a.               Melindungi permukaan tanah dari tumbukan air hujan (menurunkan kecepatan terminal tanah dan memperkecil diameter air hujan)
b.              Menurunkan kecepatan dan volume aliran air
c.                Menahan partikel-partikel tanah pada tempatnya melalui sistem perakaran dan seresah yang dihasilkan
d.               Mempertahankan kemantapan kapasitas tanah dalam menyerap air.
5.            Kegiatan Manusia

Kegiatan manusia merupakan salah satu faktor yang paling penting terhadap terjadinya erosi tanah yang bersifat cepat dan intensif. Kegiatan tersebut kebanyakan berkaitan dengan perubahan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap erosi, misalnya perubahan penutup tanah akibat penggundulan hutan untuk pemukiman, lahan pertanian atau gembalaan.