Cara Mengambil Shapefile Polygon di ArcGIS ( Tutorial Select ArcGIS )

Cara Mengambil Shapefile Polygon di ArcGIS ( Tutorial Select ArcGIS )

Dalam pengolahan data digital seperti ArcGIS seringkali kita masih belum bisa membedakan antara tools satu dengan yang lainnya. Keterbatasan istilah dalam ArcGIS membuat kita rancu dalam melakukan proses pengolahan, karena menggunakan software  satu dengan yang lainnya tentu berbeda sehingga perlu pehamanan dan praktek lebih lanjut. Pada artikel ini saya akan membagikan artikel tentang bagaimana tools pada ArcGIS dapat membuat sebaran polygon dengan kriteria yang telah ditentukan. Sebagai contoh kita memiliki peta rawan bencana longsor di suatu kabupaten dengan parameter yang bermacam – macam akan tetapi kita ingin hanya ingin melihat sebaran permukiman yang memiliki rawan bencana yang tinggi, maka tools  yang digunakan yaitu tools Select. Sehingga kita dapat mengetahui sebaran tersebut. Berikut contoh dan langkah langkah cara menggunakan tools select :

· Buka ArcMap

· Pastikan memiliki data yang akan diolah berdasarkan pemilihan data tertentu

· Buka Tabel dengan cara Open Atribut Tabel lalu pastikan data yang akan anda pilih. Disini saya akan memilih polygon dengan ”Guna Lahan” = “Permukiman”  dan “Tanah UTM” = “Mediteran Merah Tua dan Regosol”

· Buka panel ArcToolbox > Extract > Select , Kemudian isi Input Features dengan shapefile (shp) yang ingin di olah,  Output feauture dengan lokasi penyimpanan yang benar, Expression  dengan rumus SQL. Tenang rumus ini mudah cara menggunakanya yaitu klik icon SQL

· Setelah klik Icon SQL maka akan muncul jendela Querry Builder beserta kalkulator, disini saya akan menjelaskan pada kotak paling atas adalah nama tabel pada Atribut Tabel, kotak tengah adalah nama setiap kolom Atribut Tabel, kotak paling bawah adalah isian rumus SQL

· Karena kita akan mencari polygin dengan dengan ”Guna Lahan” = “Permukiman”  dan “Tanah UTM” = “Mediteran Merah Tua dan Regosol” maka akan keluar rumus seperti ini dengan ”GUNA_LAHAN” = “Permukiman” AND “Tanah_UTM” = “Mediteran Merah Tua dan Regosol”

· Setelah itu Klik OK

· Maka Hasilnya akan seperti polygon yang berwarna merah dibawah ini

 

Jangan Lupa Comment dan Share karena itu bentuk apresiasi yang kami butuhkan untuk lebih bersemangat menulis