Cara Membuat Sirup Jahe untuk Membangun Potensi Pariwisata di Lingkungan Sekitar

         Sebagai negara berkembang, Indonesia memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang belum dikelola secara optimal. Sumber daya alam yang tedapat di Indonesia sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu Sumber Daya Alam Hayati dan Sumber Daya Alam Non Hayati. Sumber Daya Alam Hayati terdiri dari hewan dan tanaman di suatu wilayah. Sedangkan Sumber Daya Non Hayati terdiri dari bahan mineral hingga bahan olahan. Setiap daerah di Indonesia memiliki Sumber Daya Alam yang berbeda-beda. Ada wilayah yang memiliki SDA Hayati, ada wilayah yang memiliki SDA Non Hayati, dan ada yang memiliki keduanya. SDA tersebut dapat menopang kehidupan masyarakat di wilayah tersebut. Masyarakat juga dapat mengolah SDA yang ada menjadi sumber perekonomian masyarakat.  Pengolahan SDA tersebut merupakan potensi yang dapat dikembangkan menjadi wisata. Bahkan, lahan pertanian dan perkebunan pada suatu wilayah pun sebenarnya dapat menjadi obyek wisata yang menarik.

          Sektor pariwisata adalah  salah satu sektor yang dapat membantu perekonomian.  Hal tersebut dikarenakan ampir semua bidang dapat berkontribusi, dari makanan, minuman, pemandu wisata, transportasi, penginapan, tekstil hingga souvenir. Namun, berbagai potensi yang terdapat di Indonesia belum dimanfaatkan secara optimal. Indonesia hanya berfokus pada sektor industri ekstraksi dari alam. Sebetulnya apabila potensi pariwisata dapat dioptimalkan mampu memperbaiki kondisi sosial dan ekonomi yang ada di Indonesia. Banyak yang dapat dilakukan untuk mendukung kegiatan pariwisata di lingkungan sekitar. Caranya dengan membuat sirup rempah dalam mendukung ekonomi kreatif. Seperti yang kamu ketahui Indonesia memiliki banyak rempah-rempah yang bermanfaat bagi tubuh. Pengolahan rempah-rempah menjadi sirup dapat mendukung ekonomi kreatif. Sirup rempah yang diproduksi dapat dijual di obyek wisata atau dijual secara online. Salah satu rempah yang dapat dimanfaatkan yaitu tanaman jahe. Untuk membuat sirup rempah dari jahe ikuti langkah-langkah berikut!

Alat dan Bahan

  1. 250 gr jahe
  2. 600 mL air
  3. 250 gr (5 blok)gula merah
  4. 1/2 sdt garam
  5. Peralatan memasak

Langkah Pembuatan

  1. Siapkan alat dan bahan untuk membuat sirup rempah dari jahe.
  2. Kupas jahe dan iris kecil-kecil. Untuk membuat sirup jahe, jenis jahe yang direkomendasikan yaitu jenis jahe merah tetapi kombinasikan dengan jahe emprit.
  3. Masukkan jahe yang telah dikupas ke dalam blender, kemudian tambahkan air.
  4. Blender jahe selama 10-15 menit atau sampai halus.
  5. Masukan hasil blenderan jahe ke dalam panci.
  6. Tambahkan gula merah sebanyak 250gr/5 blok dan garam ½ sendok
  7. Masukkan air (600ml) ke dalam panci, kemudian hangatkan air yang ada dalam panci.
  8. Masukkan air parutan jahe ke dalam panci. panaskan campuran jahe menggunakan kompor selama 10-15 menit. Aduk campuran jahe hingga mendidih.
  9. Angkat campuran jahe kemudian tiriskan. Pisahkan air dengan ampas jahe secara sempurna. Panaskan air yang telah dipisahkan dari ampas jahe hingga gula larut sempurna dan mendidih.
  10. Jika campuran jahe sudah mengental matikan kompor. Angkat dan simpan pada tempat yang telah disiapkan. Diamkan jahe yang sudah dimasak hingga dingin.
  11. Masukan cairan sirup jahe kedalam botol yang telah disterilkan. Ketika memasukan cairan sirup ke dalam botol dapat dilakukan penyaringan. Tetapi juga dapat dilakukan tanpa penyaringan.
  12. Tutup botol sirup dengan penutup kedap udara. Agar sirup yang dibuat dapat bertahan lama.
Berikan label pada botol sirup yang telah dibuat. Tambahkan saran penyajian sirup.
  • Contohnya : Tuangkan sirup jahe secukupny, tambahkan 1 sendok makan temulawak atau kunyit bubuk ke dalam gelas.
  • Tambakan air hangat secukupnya.
  • Aduk hingga sirup menyatu dengan air.
  • Sirup rempah-rempah jahe siap untuk dinikmati
Selain sirup jahe sebagai bentuk dukungan ekonomi kreatif, berikut beberapa potensi yang dapat dikembangkan di lingkungan sekitar. Seperti pembuatan keripik singkong dengan varian rasa dan level pedas atau membuat kerajinan tangan dari limbah rumah tangga, seperti tas dari bungkus makanan.
Berikut ini video tutorial cara membuat sirup rempah-rempah.