Penangkaran Burung Nuri Sebagai Upaya Menjaga Flora dan Fauna Indonesia

Hutan salah satu paru-paru dunia selain terumbu karang. Sebab pepohonan dan tumbuhan di hutan dapat menghasilkan oksigen (O2) serta menyerap karbondioksida (CO2). Hutan juga merupakan tempat tinggal flora dan fauna yang ada di dunia. Hutan dapat mengatur tata air, karena akar-akar dari pepohonan dapat mengikat tanah dan menyerap air. Sehingga ketika air hujan turun dapat mencegah banjir. Selain itu tata air di hutan juga dapat menunjang kehidupan flora dan fauna yang ada di dalamnya. Flora dan fauna tersebut membutuhkan sumber utama untuk dapat bertahan hidup yaitu air. Setiap hutan memiliki ciri khasnya masing-masing. Oleh karena itu flora dan fauna yang ada didalamnya juga berbeda antara hutan satu dan hutan lainnya.

Hutan tropis merupakan hutan dengan curah hujan yang tinggi serta memiliki iklim yang hangan. Kebanyakan hutan yang tedapat di Indonesia yaitu jenis hutan hujan tropis yang menyimpan keragaman flora dan fauna yang khas. Akan tetapi, semakin hari kondisi hutan di Indonesia semakin memprihatinkan. Hutan yang ada di Indonesia mengalami kerusakan. Kerusakan ini dapat mengancam kelestarian flora dan fauna yang ada didalamnya. Salah satu contohnya yaitu fauna burung Nuri Kabare (Psittichas Fulgidus). Fauna ini merupakan salah satu burung endemik Indonesia. Burung ini memiliki habitat di hutan Papua serta statusnya sudah dilindungi. Sebagai upaya melestarikan burung tersebut, perlu dilakukan penangkaran burung. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan penangkaran burung nuri.

Alat dan Bahan

  1. Indukan burung Nuri.
  2. Kandang ukuran 1 x 1,5 x 2 meter    
  3. Glodok ukuran 35 x 20 x 20 cm
  4. Makanan burung Nuri
  5. Alat kebersihan kandang

Langkah Kerja

  1. Siapkan kandang yang terbuat dari kawat. Ukuran kandang 1 x 1,5 x 2 meter.
  2. Siapkan pula glodok yang berukuran 35 x 20 x 20 cm. Glodok berfungsi untuk tempat meletakan dan mengerami telur burung nuri dan tempat berlindung ketika hujan.
  3. Pilih indukan burung Nuri yang sehat dan legal. Ciri-ciri indukan unggul, yaitu sehat, lincah, postur tubuh proporsional dan minimal usia (1 tahun untuk burung jatan dan 8 bulan untuk burung betina).
  4. Untuk perawatan hariannya, kamu harus menjaga ketersediaan makanan burung Nuri. Makanan burung nuri biasanya yaitu biji kwaci, biji jagung, sayuran, dan buah-buahan
  5. Agar burung Nuri sehat, kebersihan kandang juga harus diperhatikan. Bersihkan kandang burung menggunakan cairan jeruk. Bersihkan setiap bagian kandang termasuk tempat makan dan minum.