Peningkatan Kualitas Penduduk Negara ASEAN dengan Ekonomi Kreatif

Peningkatan Kualitas Penduduk Negara ASEAN dengan Ekonomi Kreatif


Sumber daya manusia yang berkualitas merupakan salah satu kunci utama dari kemajuan negara. Pembangunan kualitas sumber daya manusia perlu mendapatkan perhatian khusus di suatu negara. Tidak terkecuali negara-negara di Asia Tenggara (ASEAN). Negara-negara ASEAN merupakan wilayah dengan satu rumpun yang sama. Mereka harus bekerja sama untuk meningkatkan kualitas penduduknya.

Kualitas penduduk suatu negara dapat dinilai dari 2 sektor yaitu sektor pendidikan dan pendapatan. Kawasan Asia Tenggara termasuk kedalam golongnan SDM menengah kebawah. Dari 10 negara hanya beberapa yang memiliki angka pendidikan dan pendapatan tertinggi. Salah satunya adalah negara Singapura. Singapura memiliki lokasi atau letak yang strategis di Asia Tenggara. Sektor-sektor industri dan jasa di negara tersebut berporos pada transportasi laut.

Akan tetapi perkembangan teknologi saat ini melahirkan cara baru dalam menyelesaikan pekerjaan di berbagai sektor. Seperti manufaktur, perbankan, jasa, dan sebagainya. Kondisi ini menuntut adanya sumber daya manusia (SDM) yang kreatif, inovatif, dan berdaya saing. Indonesia sebagai salah satu anggota ASEAN harus dapat dijadikan contoh bagi anggota-anggota lainnya.  Sehingga kualitas penduduk negara ASEAN dapat berkembang, bahkan menjadi unggulan. Untuk memperbaiki kondisi ekonomi, pemerintah dapat mengeluarkan kebijakan bagi masyarakatnya. Salah satunya yaitu mengembangkan sektor ekonomi kreatif.

Industri kreatif adalah industri yang fokus pada penciptaan barang dan jasa mengandalkan keahlian, bakat, dan kreativitas sebagai kekayaan intelektual serta menjadi bagian tidak terpisahkan dari ekonomi kreatif. Lalu bagaimana cara meningkatkan kualitas penduduk di ASEAN dengan ekonomi kreatif?

Salah satu industri kreatif dengan menjual makanan yang up to date. Contohnya, yaitu makanan keripik kaca. Keripik kaca merupakan camilan yang sangat unik. Selain karena namanya, keripik ini juga sangat pipih, tipis, dan bening seperti kaca. Untuk dapat membuat keripik kaca, ikuti langkah-langkah berikut!

Alat dan Bahan

  1. Tepung tapioka                
  2. Minyak goreng
  3. Air
  4. Panci
  5. Garam
  6. Baskom kecil atau mangkok
  7. Cabe bubuk
  8. Spatula
  9. Daun jeruk
  10. Plastik

Langkah Kerja

  1. Siapkan alat dan bahan untuk membuat keripik kaca
  2. Campurkan semua bahan ke dalam wadah ke dalam baskom atau mangkok kecil.
  3. Aduk sampai rata menggunakan spatula. Aduk hingga tidak ada tepung yang menggumpal dan semua terendam dalam air.
  4. Tuang adonan ke dalam panci atau wajan yang telah disiapkan.
  5. Masak adonan dengan api sedang. Terus aduk agar adonan tidak gosong.
  6. Ketika memasak adonan keripik kaca, aduk terus hingga mengental. Setelah mengental, kecilkan api dan masih tetap diaduk agar adonan menjadi lentur.
  7. Siapkan plastic dengan ukuran yang lebar.
  8. Oleskan minyak goreng ke seluruh plastik.
  9. Tuangkan adonan ke atas plastik. Ratakan menggunakan rolling pin atau dapat juga menggunakan botol.
  10. Ratakan adonan hingga tipis agar keripik kaca yang dibuat menjadi renyah dan tidak keras.
  11. Jemur hingga kering adonan yang telah diratakan. Fungsi adonan dijemur yaitu agar keripik kaca tidak mudah remuk dan mudah dibentuk.
  12. Gunting adonan sesuai bentuk yang kamu inginkan.
  13. Jemur kembali keripik kaca yang telah digunting selama dua sampai tiga jam atau hingga benar-benar kering.
  14. Goreng ke dalam minyak yang panas dengan takaran yang sedikit.
  15. Pastikan api untuk menggoreng adonan kecil agar adonan tidak mekar serta tidak merusak tekstur keripik kaca.
  16. Taburi keripik kaca dengan bumbu bubuk sesuai selera, kamu dapat menggunakan bubuk untuk memberikan rasa pada keripik kaca. Selain bumbu kering, kamu juga dapat menggunakan bumbu basah sesuai selera.

    Berikut ini video cara pembuatan keripik kaca :