Mendukung Pelestarian Flora dan Fauna dengan Membuat Kertas Daur Ulang

Mendukung Pelestarian Flora dan Fauna dengan Membuat Kertas Daur Ulang

    


 Kita pasti dapat dengan mudah menemukan kertas-kertas yang dimanfaatkan untuk aktivitas sehari-hari. Misalnya di rumah, tempat makan, sekolah atau kampus, kantor, atau supermarket. Hal ini membuktikan bahwa kertas merupakan barang yang sangat dibutuhkan dalam menopang aktivitas manusia. Berdasarkan website resmi Kementerian Perindustrian (Kemenperin), kebutuhan kertas di dunia pada tahun 2019 mencapai 394 juta ton dan diperkirakan akan meningkat di 2020 menjadi 490 juta ton. Peningkatan ini seharusnya dapat ditekan karena penggunaan kertas yang berlebihan dapat berdampak pada lingkungan. Namun, di tengah ketergantungan manusia terhadap kertas, tersimpan masalah lingkungan di dalamnya. Dilansir dari laman tiredearth, setiap 12.000 kertas yang diproduksi membutuhkan satu pohon di hutan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam 2020 dibutuhkan 40.833.333 pohon untuk mencukupi kebutuan kertas dunia.
    Pohon sangat berkaitan erat dengan keberadaan hutan. Semakin banyak pohon yang ditebang maka dapat berpengaruh terhadap hutan serta flora dan fauna di dalamnya. Demi mendukung pelestarian flora dan fauna kita juga dapat melakukan tindakan yang sederhana dan mudah. Contohnya seperti menggunakan kertas secara efektif, menyiapkan kain pengganti tisu membuat kertas daur ulang. Untuk dapat membuat kertas daur ulang, ikuti langkah langkah berikut ini.

Alat dan Bahan

  1. Kertas Bekas
  2. Lem Kayu
  3. Screen sablon
  4. Ember
  5. Blender.
  6. Papan atau triplek.
  7. Kain.
  8. Gunting

Langkah Pembuatan

  1. Siapkan alat dan bahan untuk kertas daur ulang.
  2. Gunting-gunting/sobek kerta bekas, kemudian rendam dalam ember selama kurang lebih 24 jam        
  3. Blender kertas yang telah direndam dan air dengan perbandingan 3:1 atau 3 liter air sama dengan 1 liter bubur kertas
  4. Masukan bubur kertas ke dalam ember yang telah diisi air. Air yang dimasukan kedalam ember 1/4 dari tinggi ember.
  5. Larutkan lem kayu sebanyak satu atau 2 sendok makan dengan air dan masukkan ke dalam bak berisi pulp.
  6. Aduk campuran bubur dan lem selama 10-30 menit atau hingga rata.
  7. Siapkan papan triplek. Lapisi papan triplek dengan kain. Fungsi papan triplek pada pembuatan kertas daur ulang yaitu untuk tatakan cetakan kertas
  8. Masukan screen ke dalam ember. Saring bubur kertas himgga merata.
  9. Letakkan screen secara terbalik di atas papan. Ketuk screen seccara perlahan sehingga bubur kertas terlepas dari screen dan menempel pada papan.
  10. Tutup bubur kertas dengan kain yang sebelumnya telah dibasahi air.
  11. Ulangi langkah nomor delapan hingga sepuluh. Tujuannya untuk mendapatkan kertas daur ulang beberapa lapis sekaligus, semakin tebal lapisan kertas maka akan semakin baik.
  12. Tutup cetakan kertas dengan papan atau triplek selama 24 jam. Berikan pemberat di atasnya, gunannya untuk menekan cetakan kertas
  13. Setelah kain kering, buka cetakan dengan hati-hati. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Lakukan penyetrikaan pada kertas yang dibuat. Supaya kertas yang dihasilkan dapat terlihat mulus dan bagus.


        Berikut ini video cara membuat kertas daur ulang.