Pembuatan Masker Lukis dalam Keberagaman Aspek Manusia

 Keberagaman Aspek Manusia Indonesia dalam Masker Lukis

    Di Indonesia terdapat berbagai keberagaman, seperti suku, ras, agama, bahasa, pekerjaan, dan sebagainya. Keberagaman tersebut dapat menjadi identitas bangsa Indonesia yang membedakan dengan negara lainnya. Keberagaman ini sala satunya disebabkan karena morfologi di Indonesia yang bermacam-macam. Morfologi yang bermacam-macam tersebut membuat manusia yang mendiami harus dapat beradaptasi. Adaptasi dilakukan agar dapat bertahan hidup di lingkungan tersebut. Selain beradaptasi, manusia juga melakukan interaksi dengan wilayah lainnya. Interaksi dilakukan juga untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

    Oleh karena itu, kita harus menjaganya agar keberagaman tersebut tetap dapat terjaga. Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnik atau suku bangsa atau lebih tepatnya terdapat 1.340 suku bangsa. Berdasarkan data sensus BPS pada tahun 2010, Suku Jawa merupakan kelompok terbesar di Indonesia. Jumlahnya mencapai 41% dari total populasi. Meskipun demikian kita sebagai bangsa Indonesia harus dapat bersatu di tengah perbedaan yang ada. Salah satu cara untuk menggambarkan keberagaman aspek manusia Indonesia, yaitu dengan memperkenalkan kepada generasi muda mengenai keberagaman yang ada di Indonesia. Contohnya membuat masker lukis. Selain dapat menggambarkan keberagaman, masker juga dapat bermanfaat untuk kesehatan. Masker lukis yang dibuat dapat menggambarkan keberagaman suku. Seperti, motif batik tiap daerah, kata-kata bijak dari daerah, dan lainnya. Untuk dapat membuat masker lukis, ikut langkah-langkah berikut ini.

Alat dan Bahan

  1. Masker kain polos yang terbuat dari kain katun
  2. Kuas lukis
  3. Palet
  4. Botol aplikator
  5. Pensil
  6. Cat kain
  7. Tali

Langkah Pembuatan

  1. Siapkan alat dan bahan untuk membuat masker lukis.
  2. Tentukan sketsa yang akan digambar pada masker lukis.
  3. Buatlah sketsa mengenai keberagaman aspek manusia di Indonesia dengan menggunakan pensil pada masker kain yang polos.         
  4. Beri penebalan pada sketsa yang telah dibuat. Gunakan botol aplikator untuk menebalkan.
  5. Keringkan sketsa yang telah ditebalkan. Keringkan cat selama kurang lebih 2-3 jam.
  6. Tuangkan cat warna ke dalam palet. Warna cat dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
  7. Berilah warna pada desain yang telah dibuat sesuai kreasimu.
  8. Setelah selesai memberi warna desain, keringkan kembali selama 10-15 menit.

    Berikut ini video cara membuat masker lukis