Cara membuat Bingkai Foto dari Ranting Pohon

sumber : https://www.youtube.com/watch?v=MsZzBGnKSqY

    Salah satu potensi yang dimiliki negara tropis adalah potensi alam. Negara-negara tropis seperti Indonesia, Brazil, Malaysia, Afrika Tengah, dan lainnya. Potensi alam merupakan salah satu potensi yang terdapat di Indonesia. Iklim tropis ini memberikan dampak positif bagi negara-negara tersebut. Dampak positif tersebut yaitu keanekargaaman hayati di hutan tropis, karena iklim tropis memiliki intensitas hujan yang tinggi. Sehingga membuat negara tropis memiliki banyak hutan hujan tropis. Hutan ini tersebar hampir di seluruh wilayah tropis. Negara seperti Indonesia memanfaatkan potensi ini untuk kesejahteraan masyarakatnya

    Potensi hutan hujan tropis  di Indonesia dapat dimanfaatkan untuk membuat sebuah karya. Contohnya untuk membuat kreasi bingkai foto dari ranting pohon. Ranting pohon yang digunakan didapat dari hasil guguran pohon. Bingkai dari ranting pohon menambah kesan natural pada foto. Selain itu, pembuatan bingkai foto dari ranting pohon dapat dijual. Sehingga menambah uang saku untuk anak-anak sekolah. Untuk dapat membuat bingkai foto dari ranting pohon, ikuti langkah-langkah berikut.

Alat dan Bahan

  1. Kardus bekas.
  2. Penggaris
  3. Gunting
  4. Foto
  5. Lem
  6. Ranting kayu
  7. Tali pancing
  8. Kawat
  9. Pengkilap kayu 

Langkah Pembuatan

  1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan. Carilah ranting pohon di bawah pohon. Pilih ranting yang memiliki ukuran yang hampir sama.
  2. Sebelum membuat bingkai foto dari ranting pohon. Kita akan membuat bingkai dari kardus bekas terleih dahulu.
  3. Ukurlah panjang dan lebar foto yang ingin kamu bingkai. Gunakan penggaris untuk melakukan pengukuran.
  4. Biasanya ukuran foto yang digunakan untuk dibuatkan bingkai, yaitu ukuran 3R (8,9 cm x 12,7 cm), 4R (10,2 cm x 15,2 cm), dan 5R (12,7 cm x 17,8 cm)
  5. Buatlah 2 pola pada kardus bekas. Ukuran polanya yaitu ukuran foto ditambah 3-4 cm. Contohnya ukuran foto 3R ukurannya 8,9 cm x 12,7 cm, menjadi 11,9 cm x 14,9 cm.
  6. Potong kedua pola sesuai ukuran polanya.
  7. Buat lubang di bagian tengah pada salah satu pola. Lubang yang dibuat sesuai dengan ukuran foto. Sehingga berbentuk seperti tepian bingkai foto.  
  8. Buat 3 potongan kardus dengan ukuran kecil. Ukurannya 5 cm x 1 cm.
  9. Rekatkan 3 potongan kardus di sisi kanan, kiri, dan bawah pada pola yang tidak berlubang. Rekatkan menggunakan lem. Gunanya untuk membuat ruang kosong. Sehingga foto dapat diletakan pada bingkai.
  10. Setelah lem mengering. Rekatkan kedua pola yang telah di buat.
  11. Potong ranting pohon sesuai bingkai foto.Ukuran ranting yang digunakan sesuai ukuran bingkai foto.
  12. Susun ranting kayu pada setiap sisi bingkai foto. Susun secara rapi, kemudian rekatkan menggunakan lem.
  13. Kamu dapat memberi hiasan di atas kayu yang telah di susun. Hiasan yang digunakan contohnya daun kering atau ilalang.
  14. Agar bingkai foto dapat digantung tambahkan kawat. Potong kawat dengan panjang 5-7 cm.
  15. Kaitkan kawat pada sisi atas bingkai foto.
  16. Langkah terakhir, masukan foto yang ke dalam bingkai yang telah kamu buat. Masukan foto keluarga, atau foto sekolah.

    Berikut ini video cara membuat bingkai foto dari ranting pohon