Cara Membuat Kertas dari Rumput untuk Melestarikan Alam.

Kertas erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Kertas sering digunakan sebagai pembungkus makanan, menyajikan laporan, media promosi, hingga digunakan untuk media pembelajaran. Namun, untuk memnghasilkan kertas dibutuhkan bahan baku berupa pohon, Diperlukan 1 batang pohon berusia 5 tahun untuk memproduksi 500 lembar kertas. Sedangkan berdasarkan data, kebutuhan kertas di dunia sekitar 490 juta ton di tahun 2020. Kertas seberat 1 ton berisi 200.000 lembar.


Sehingga dalam satu tahun untuk memproduksi kertas kita membutuhkan 196 ribu pohon berumur 5 tahun untuk dijadikan sebagai bahan baku kertas. Hal tersebut dapat mengganggu kestabilan ekosistem yang ada. Lalu apakah kita dapat berkontribusi mengurangi penggunaan kertas? Kemudian, bagaimana cara untuk mengurangi dampak dari penggunaan kertas berlebih?

Salah satu cara agar kita dapat berkontibusi mengurangi penggunaan kertas adalah dengan cara membuat kertas dari rumput untuk melestarikan alam. Kertas yang terbuat dari bahan baku rumput dapat kita olah sendiri tanpa mengurangi pohon yang ada di alam. Selain itu, juga dapat membersihkan lingkungan di sekitarmu. Bagaimana cara membuat kertas dari rumput untuk melestarikan alam?

Cara membuat kertas dari rumput untuk melestarikan alam.


Untuk membuat kertas dari rumput, kamu perlu mempersiapkan alat dan bahan yang digunakan. Langkah-langkah untuk membuatnya juga sederhana. Namun, kamu juga perlu memperhatikan bahan baku rumput yang digunakan. Jangan memilih daun dengan batang yang besar, karena akan sulit untuk memotongnya. Berikut langkah pembuatan kertas dari rumput. Berhati-hatilah ketika membuat kerajinan kertas ini!

Alat dan bahan

  1. Rumput liar Usahakan rumput yang digunakan tidak memiliki batang daun yang besar.
  2. Panci/Kaleng bekas
  3. Air
  4. Kayu bakar
  5. NaClO 5,25% atau pemutih pakaian
  6. Blender atau tumbukan
  7. Ember
  8. Kain mori
  9. Kayu

Langkah Pembuatan:

  1. Siapkan alat dan bahan untuk membuat kertas dari rumput. Carilah rumput yang akan digunakan untuk membuat kertas di sekitar rumahmu. Semakin banyak rumput yang kamu gunakan, maka kertas yang dibuat ukurannya juga semakin lebar. Pastikan rumput yang kamu gunakan memiliki batang yang kecil.
  2. Masukan rumput kedalam panci/kaleng bekas. Tambahkan air secukupnya.
  3. Panaskan panci/kaleng bekas menggunakan kayu bakar selama 15-30 menit. Karena membutuhkan waktu yang lama untuk merebus rumput. Tambahkan NaClO 5,25% atau pemutih pakaian dengan takaran 2 tutup botol. Gunakan masker ketika menambahkan NaClO. Karena uap rebusan NaClO dapat berbahaya bagi tubuhmu.
  4. NaClO/ Pemutih pakaian ditambahkan untuk melunakan bagian-bagian rumput.
  5. Bersihkan rumput yang telah direbus menggunakan air mengalir.
  6. Potong rumput dengan ukuran kecil-kecil. Kemudian, blender rumput tersebut hingga halus. Kamu juga dapat menggunakan tumbukan untuk menghaluskan rumput.
  7. Buat cetakan menggunakan kayu dan kain mori. Ukuran kayu dapat disamakan dengan ukuran kertas a4. Kemudian, letakan kain diatas cetakan kayu.
  8. Masukkan cetakan yang telah dibuat ke dalam ember yang berisi air.
  9. Letakan rumput yang telah halus di atas cetakan. Ratakan rumput hingga menutupi seluruh permukaan.
  10. Jemur cetakan kertas di bawah sinar matahari selama 1 hari satu malam.
  11. Kertas yang telah kering biasanya akan berwaran putih pucat. Pisahkan kertas dari cetakan kain.

 

Itulah tadi cara membuat kertas dari rumput untuk melestarikan alam untuk melestarikan alam. Dengan cara ini kita dapat berkontribusi dalam mengurangi penebangan pohon untuk bahan baku kertas. Langkah-langkah untuk membuatnya juga sederhana. Kita dapat memanfaatkan bahan baku di lingkungan sekitar. Ada banyak bahan baku lainnya untuk membuat kertas, seperti rumput laut, kertas bekas, daun bambu, dan pelepah pisang.


Berikut ini video cara membuat kertas dari rumput untuk melestarikan alam.