Cara Membuat Mangkok Batok Kelapa Unik Memiliki Nilai Fungsional Tinggi

Banyak aktivitas yang dapat dilakukan untuk melestarikan lingkungan. Membuat kerajinan tangan dari barang bekas merupakan salah satu aktivitas maupun kegiatan dalam melestarikan lingkungan sekitar. Barang bekas tersebut dapat memberikan dampak negatif bagi lingkunganmu. Bahan bekas maupun sampah yang banyak akan memberi kesan lingkungan yang kurang sehat. Karena beberapa barang bekas yang ada, memerlukan puluhan bahkan ratusan tahun agar dapat terurai alam.

Bahkan, permasalahan barang bekas/sampah banyak terjadi di negara-negara di dunia. Seperti, Indonesia, India, Amerika Serikat, China, dan Brazil. Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan pemerintah maupun warga sekitar untuk mengurangi pencemaran.

Termasuk juga batok kelapa, kamu bisa memanfaatkannya sebagai mangkok. Mangkok batok kelapa yang dijual, laku di pasaran. Terlebih lagi, saat ini dunia sedang gencar-gencarnya mencanangkan bahan baku produksi menggunakan bahan organik. Sehingga kita dapat membantu pemerintah bahkan dunia, untuk menciptakan pembangunan yang berkelanjuta. Bagaimana cara pembuatannya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Ini Cara Membuat Mangkok Batok Kelapa Unik dan Mudah Diikuti

 

Pohon kelapa memang memiliki banyak manfaat. Mulai dari daun, batang, sampai dengan buahnya bisa untuk berbagai keperluan. Bahan limbah tempurung kelapa juga dapat digunakan menjadi kerajinan tangan yang mempunyai nilai jual tinggi.

Tidak banyak masyarakat yang tahu, bagaimana cara mendaur ulang tempurung atau batok kelapa menjadi limbah berharga serta mempunyai nilai jual cukup tinggi.

Limbah tempurung kelapa atau masyarakat lebih mengenalnya dengan batok kelapa ini bisa Anda jadikan sebagai alat makan. Apalagi jika bukan mangkok.

Batok kelapa bisa dimanfaatkan untuk membuat mangkok dan kerajinan lainnya yang memiliki manfaat bagi kehidupan sehari-hari.

Unik, bahkan jika kamu makan dengan menggunakan batok kelapa yang sudah disulap menjadi barang berharga berupa mangkok. Penasaran bagaimana pembuatannya? Berikut ini cara membuat mangkok batok kelapa.

Bahan dan Alat

  • Gergaji besi
  • Mineral oil
  • Kuas kecil
  • Amplas halus
  • Lem kayu
  • Batok kelapa tua
  • Spidol serta kater jika dibutuhkan

Cara Membuat

  1. Persiapkan alat dan bahan untuk membuat kerajinan dari batok kelapa.
  2. Potong batok kelapa, kurang lebih sekitar 1/3 bagian. Gunakan alat gergaji besi supaya terlihat lebih rapi
  3. Setelah itu, bersihkan batok kelapa menggunakan amplas pada bagian luar serta dalamnya. Jika pada bagian luar masih terdapat sabut kelapa, maka dapat dibersihkan terlebih dahulu. Gunakan kater maupun alat lainnya untuk membersihkan sabut kelapa. Bersihkan sampai benar-benar halus
  4. Kemudian jadikan 1/3 bagian dan 2/3 bagian lainnya sebagai kaki mangkok. Caranya dengan memotong sedikit sisi cembung dari batok kelapa. Hal ini dilakukan supaya kamu lebih gampang merekatkan pada bagian kaki dan mangkoknya. Setelah itu, kamu dapat menghaluskannya kembali.
  5. Agar lebih menarik, dapat diberikan hiasan maupun ukiran. Sesuaikan dengan selera masing-masing.
  6. Langkah terakhir, lapisi 2 bagian batok kelapa dengan mineral oil. Gunakan kuas supaya lebih mudah dan tampak indah. Setelah itu, keringkan batok kelapa yang telah kamu buat minimal dalam waktu 24 jam

Mangkok batok kelapa ini merupakan produk yang aman digunakan sebagai alat perlengkapan dapur. Mengapa demikian? Sebab mangkok ini tidak dilapisi dengan bahan kimia yang berbahaya bagi para penggunanya.

Bahan pembuatannya dari bahan pelapis permukaan kayu. Sehingga bisa kamu gunakan sebagai alat perlengkapan dapur yang nyaman. Cara membuatnya sangat sederhana bukan? Jika kamu memiliki batok kelapa yang sudah tidak digunakan lagi, maka dapat menjadikannya sebagai suatu kerajinan yang berguna dan memiliki nilai jual tinggi.

Kerajinan lainnya yang juga dapat dibuat menggunakan batok kelapa, yaitu membuat centong nasi, mainan, gantungan kunci, vas, asbak, serta benda serbaguna lainnya. Tinggal asah kreativitasmu. Hasilkan benda yang tidak hanya menarik, tetapi juga memiliki nilai fungsional.

Kerajinan batok kelapa ini banyak peminatnya. Selain bahan yang digunakan gampang dicari, kerajinan ini juga indah serta cocok digunakan sebagai hiasan dalam ruangan sehingga akan menambah estetika. Terlebih lagi, warna coklatnya seolah-olah menyatu dengan alam. Anda bisa mencoba untuk membuat mangkok batok kelapa di rumah dan digunakan sebagai tempat makan yang unik.

Berikut ini video cara membuat mangkok batok kelapa unik