Cara Membuat Tali dari Pelepah Pisang sebagai Pemanfaatan Potensi Desa

Cara Membuat Tali dari Pelepah Pisang sebagai Pemanfaatan Potensi Desa



Desa dapat bersaing dengan wilayah kota. Karena Kota yang ada sekarang terbentuk dari desa yang berkembang pesat. Desa-desa tersebut berkembang dengan karakteristik yang dimilikinya. Karakteristik tersebut, yaitu karakteristik fisik dan sosial. Namun, setiap desa di dunia khususnya Indonesi memiliki karakteristik dan ciri khasnya tersendiri. Sehingga dapat meminimalisir persaingan antara desa dan kota. Beberapa desa yang ada memasok bahan mentah untuk kebutuhan di perkotaan. Seperti sayur-mayur, buah-buahan, bahan baku mebel, hingga tenaga kerja. Hingga menyebabkan kurangnya tenaga kerja yang ada di desa. Sehingga potensi-potensi yang ada di desa tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal. Sumber daya tenega kerja tersebut dianggap sebagai modal dasar yang nantinya dapat dikelola dan juga dikembangkan demi kepentingan, kelangsungan dan perkembangan desa.

Para pemangku kepentingan di desa sebenarnya dapat melaukan pelatihan. Pelatihan yang dilakukan dapat mengembangkan kerajinan tangan dengan memanfaatkan sumber daya alam di desa. Contoh potensi desa yang dapat terus dikembangkan di era digital yaitu dengan membuat tali dari pelepah pisang.

Seperti yang kita telah ketahui, desa memasok buah-buahan untuk wilayah kota. Buah pisang merupakan salah satu yang dipasok ke kota. Pohon dari buah pisang yang telah dipanen akan  menjadi limbah. Kamu dapat memanfaatkan peluang tersebut. Terlebih lagi, saat ini dunia sedang mencari produk dengan bahan baku ramah lingkungan.

Cara Membuat Tali dari Pelepah Pisang,


Di era digital seperti sekarang ini produk ramah lingkungan menjadi primadona. Selain itu, untuk memasarkan produk yang telah kamu buat juga lebih mudah. Tali dari pelepah pisang terbuat dari limbah perkebunan pisang. Tali ini juga dapat dimanfaatkan untuk pembuatan jaring geotekstil dan kerajinan lainnya, seperti tempat pensil, dompet ataupun vas bunga. Jaring geotekstil dapat bermanfaat untuk mencegah erosi dan longsor. Untuk membuat tali dari pelepah pisang ikuti langkah-langkah  berikut ini.


    Alat dan Bahan

  1. Pelepah pisang
  2. Tongkat kayu
  3. Wadah untuk meletakan pelepah pisang
  4. Cutter
  5. Gunting

Langkah Pembuatan
  1. Pertama siapkan alat dan bahan untuk membuat tali dari pelepah pisang. Cari pelepah pisang disekitar rumah. Pilih pelepah pisang yang telah kering, karena pelepah pisang yang basah membutuhkan waktu 1 hingga 2 minggu untuk mengeringkannya di bawah sinar matahari. Potong pelepah pisang yang telah kering menggunakan gunting.
  2. Suwir-suwir pelepah pisang yang telah kering. Gunakan cutter untuk menyuir pelepah pisang. Usahakan suwiran pelepah pisang berbentuk memanjang.
  3. Ambil 3 suwiran pelepah pisang. Usahakan ambil suwiran pisang dengan panjang yang sama. Ikatkan ujung pelepah pisang pada tongkat kayu.
  4. Rangkai suwiran pelepah pisang. Caranya dengan membuat kepangan seperti mengepang rambut.
  5. String the shredded banana midrib to the ends.
  6. Rangkai suwiran pelepah pisang hingga ujung.
  7. Setelah dirangkai, suwiran pelepah pisang akan berbentuk seperti tali.
  8. Jika ingin menambahkan panjang tali dari pelepah pisang, lilitkan ujung suwiran pelepah pisang.

    Itulah tadi cara membuat tali dari pelepah pisang. Kamu juga dapat memanfaatkan bahan baku lainnya, seperti eceng gondok atau sabut kelapa. Produk yang kamu buat dapat bermanfaat untuk pengembangan potensi desa.

Berikut ini video cara membuat tali dari pelepah pisang.