Cara Membuat Taplak Meja Eceng Gondok, Nilai Jual Tinggi!

Taplak meja

 

Eceng gondok adalah tanaman yang biasanya hanya menjadi hama di sebuah perairan. Tapi dengan adanya kreativitas serta kerja keras, maka eceng gondok dapat Anda ubah menjadi suatu kerajinan yang mempunyai nilai jual tinggi. Nah, apa saja sih kerajinan tangan yang bisa dibuat dari eceng gondok ini? Salah satu kerajinan yang bisa dibuat yakni taplak meja eceng gondok. Membuatnya tentunya mudah, jika belum mengetahui caranya yuk simak ulasan berikut ini.


Simak Cara Membuat Taplak Meja Eceng Gondok


Eichhornia crassipes merupakan nama lain dari eceng gondok yang jika dijual maka bisa membuat untung. Tanaman air ini dapat tumbuh dengan cepat, sehingga eceng gondok dianggap gulma yang bisa merusak lingkungan sekitar perairan. 

Karena, eceng gondok mudah menyebrang melalui saluran air tempat perairan yang lainnya serta berkembang disana. Hidup di air, terkadang ada juga yang berakar dalam tanah. Tinggi tumbuhan ini kurang lebih sekitar 0.4 sampai 0.8 meter. 

Tidak memiliki batang serta daun tunggal dan bentuknya cenderung lebih oval. Ujung serta pangkalnya meruncing dan pangkal tangkai daunnya menggelembung. Daunnya berwarna hijau dengan permukaan licin.

Kerajinan eceng gondok Anda bisa membuat taplak meja. Bahan baku utama tentunya dari eceng gondok. Cara membuat taplak meja eceng gondok antara lain.

 

1.       Mencari Eceng Gondok

Mencari eceng gondok adalah hal pertama yang perlu Anda lakukan. Sebenarnya membeli saja juga bisa. Selain Anda dapat mengumpulkan eceng gondok untuk dibuat kerajinan hal itu juga bisa dilakukan sambil membersihkan saluran air supaya tidak mampet.

 

2.       Mencuci Eceng Gondok

Setelah Anda mendapatkan eceng gondok maka bersihkan dari kotoran yang menempel serta hilangkan bau tidak sedap. Semprot pakai air bersih maka kotoran akan rontok dengan cara dibanting.

 

3.       Memisahkan Eceng Gondok dari Tangkainya

Jika sudah bersih maka pilah eceng gondoknya. Pisahkan barang serta daunnya. Hal ini dilakukan dengan tujuan mengklasifikasikan bahan mana yang akan dibuat. Memisahkan bisa menggunakan gunting maupun pisau.

 

4.       Keringkan Eceng Gondok

Batang dan daunya yang sudah terpisah, maka berikutnya pengeringkan. Langkah ini disebut mudah sebab hanya dikeringkan saja di bawah sinar matahari. Pengeringan dengan cara ini ini dianggap bagus sebab dapat menghasilkan eceng gondok yang baik serta berkualitas daripada mengeringkan dengan menggunakan alat pengering.

 

6.       Buat Pola Kerajinan

Taplak meja eceng gondok merupakan kerajinan tangan yang mudah sekali membuatnya. Jika sudah mengering maka buatlah pola untuk mempermudah pembentukan.

 

7.       Menganyam Eceng Gondok

Pola yang sudah jadi langkah berikutnya bisa menganyam eceng gondok. Anda juga bisa melihat dicontoh maupun gambar. Tentunya hal itu akan semakin mempermudah di dalam pembuatan taplak meja ini. Ikuti setiap alurnya supaya hasilnya bagus lebih maksimal serta bisa digunakan untuk alas meja.

 

8.       Finishing

Untuk mempercantik Anda juga bisa memberikan warna maupun hiasan yang menarik supaya kerajinan ini tambah bagus dan memiliki nilai jual lebih tinggi. Selain Anda bisa menambahkan pernak-pernik tahap finishing ini diharuskan untuk mengecek ulang anyaman yang dibuat. Jangan sampai ada yang rusak maupun cacat.


Walaupun dianggap sebagai tanaman pengganggu, tetapi eceng gondok mempunyai serat alami yang sangat ramah lingkungan. Sehingga beberapa orang dengan kreatifitas tingginya bisa mengubah menjadi kerajinan tangan yang bernilai tinggi. 

Taplak meja eceng gondok sangat mudah pembuatannya, apalagi jika sudah ada pola maupun gambaran dasarnya. Anda bisa mencoba dengan mengikuti beberapa cara seperti diatas.