Cara Membuat Mainan Dari Bambu Tahun 90an yang Mudah

Mainan dari bambu

Desa sebagai suatu wilayah memiliki potensi alam yang melimpah. Potensi ini dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia, termasuk kebutuhan hiburan. Potensi desa yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hiburan, yaitu potensi tanaman bambu.

Tanaman bambu memiliki banyak manfaat, seperti untuk bahan baku makanan, pembangunan, pembuatan kerajinan, hingga pembuatan mainan. Cara membuat mainan dari bambu itu mudah, ada banyak sekali kreasi mainan yang terbuat dari bambu. Apalagi bambu merupakan jenis tumbuhan yang banyak ditemukan di negara ini. Bambu juga bisa digunakan untuk bangunan dan masih banyak lagi.

Selain itu, bambu sangat mudah untuk di kembangkan menjadi sebuah mainan. Di masyarakat, terdapat banyak sekali mainan yang bisa dibuat dari bambu. Sudah ada banyak orang yang tahu berbagai mainan seperti apa yang dapat dibuat.

Jika berbicara mengenai zaman dahulu, orang tidak memiliki mainan canggih seperti saat ini. Satu-satunya cara membahagiakan anak-anaknya dengan membuat mainan sendiri. Salah satunya adalah dari pohon bambu yang mudah dibentuk dan didapatkan.

Berikut Ini Cara Membuat Mainan Dari Bambu

Karena pohon bambu di Indonesia ini ada banyak, tidak heran jika orang memanfaatkanya untuk berbagai hal. Selain berguna untuk bahan bangunan, bambu juga berguna untuk membuat berbagai bahan mainan untuk anak-anak.

Sudah ada banyak sekali mainan yang dibuat dari bambu. Apalagi dari jaman nenek moyang bambu sudah banyak dimanfaatkan untuk berbagai hal. Selain itu, bambu juga bisa digunakan untuk berbagai macam furniture.

Hal ini karena bambu juga bisa digunakan untuk berbagai bahan karena mudah untuk berbagai bentuk. Karena ada banyak sekali mainan yang terbuat dari bambu, maka kami akan memberikan berbagai cara agar Anda bisa membuat berbagai mainan dari bambu.

1. Boneka Bambu

mainan bambu

Cara membuat mainan dari bambu pertama adalah boneka bambu. Tidak hanya barbie, ada juga boneka bambu. Boneka ini bisa digunakan sebagai aksesoris rumah yang memiliki nuansa klasik dan antik. Boneka bambu juga cukup populer di Jepang, sering juga digunakan untuk cedera mata.

Alat yang digunakan:

  • Bumbu dengan berbagai ukuran, pilihlah dengan berbagai ukuran
  • Amplas
  • Cat dengan warna sesuai selera
  • Gergaji dengan berbagai bambu, lebih aman jika menggunakan sarung tangan
  • Sisakan kain bermotif yang disukai
  • Cutter atau pisau untuk memotong

 

Cara membuat:

  1. Potong bambu dengan bentuk asli silinder dan potong hingga beberapa bagian berbeda
  2. Gunakan amplas untuk menghaluskan agar tidak melukai kulit
  3. Gunakan cat untuk mewarnai bambu, gunakan saja kuas agar lebih mudah untuk diaplikasikan. Keringkan di sinar matahari agar lebih mudah kering
  4. Setelah selesai, Anda bisa menyatukan dengan mengaitkan kain di berbagai tubuh boneka

 

2. Senapan Bambu

mainan bambu

Cara membuat mainan dari bambu berikutnya adalah senapan angin. Jika ditanya mainan anak laki-laki jaman dulu yang paling disukai apa, maka kebanyakan akan menjawab senapan angin. Mainan yang kerap ditemukan di daerah pedesaan, dan mudah untuk dibuat.

Alat dan bahan:

  • Bambu ukuran 25-30 cm, dan berdiameter 1,5 cm untuk laras
  • Bambu potongan 10-15 cm, untuk gagang penyokong senapan
  • Pisau untuk memotong dan mengiris, gunakan sarung tangan agar lebih aman
  • Kertas, air, dan biji-bijian secukupnya
  • Potong bambu yang sudah dibelah dan di haluskan untuk penolak, ukurannya sama

Langkah membuat:

  1. Gunakan bambu cukup tua, yang tebal dan panjang untuk bagian laras. Jika tidak ada, Anda bisa gunakan kedua ujung bambu hingga mendekati bagian buku dengan bentuk menjadi ruas panjang berbentuk seperti laras
  2. Potong bambu untuk penyodok, Anda bisa menyesuaikan ukuran agar nyaman digunakan
  3. Potong bambu lain dan raut sehingga berbentuk silinder sesuai dengan ukuran laras. Dan tancapkan pada salah satu bagian gagang, dan potong pada bagian ujung lainnya agar lebih pendek dari laras
  4. Selesai. Senapan mainan bisa Anda gunakan
  5. Cara membuat mainan dari bambu bisa Anda gunakan dengan mudah. Kini bisa pilih untuk membuat salah satu dari dua mainan yang terbuat dari bambu tersebut.

Itulah tadi cara membuat mainan dari bambu yang mudah. Kamu juga dapat membuat mainan bambu lainnya seperti pesawat terbang, meriam bambu, baling-baling bambu, dan mobil-mobilan. Hasilnya dapat kamu mainkan bersama, saudara dan teman-temanmu.

 

Berikut ini video cara membuat mainan bambu yang mudah

     



Mainan yang kamu buat juga dapat kamu jual. Caranya dengan menjual di media sosial. Sehingga kamu dapat menambah uang sakumu. Mainan yang dibuat tidak harus berbahan baku bambu. Manfaatkan potensi lain yang ada di lingkunganmu.