Tempat Tisu dari Pelepah Pisang, Jadikan Kerajinan Bernilai Tinggi

Kreasi Pelepah Pisang


Tempat tisu dari pelepah pisang menjadi salah satu kerajinan yang unik. Kerajinan tangan sebenarnya dapat dibuat menggunakan bahan apa saja, bahkan tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Bahan yang tidak mengeluarkan banyak biaya seperti dari bahan-bahan yang tidak terpakai. Mulai dari kardus, pelepah pisang dan masih banyak lagi.  


Pisang memang tidak hanya dimanfaat buahnya saja, namun pelepahnya pun juga dapat Anda gunakan. Sehingga Anda dapat membuat berbagai macam pernak-pernik hiasan rumah.  Misalnya untuk membuat bingkai, gelas , tempat tisu dan yang lainnya.


Simak Cara Membuat Tempat Tisu dari Pelepah Pisang

Selama ini tentu Anda mengenal pelepah pisang hanya menjadi sampah yang tidak bermanfaat. Padahal sebenarnya Anda juga dapat mengubahnya menjadi dengan hiasan rumah. Pelepah pisang juga dapat dijadikan sebagai sumber daya yang memiliki nilai jual yang tinggi. Tentunya dengan bermodalkan kreativitas yang tinggi untuk terus berinovasi. Oleh karena itu, limbah pelepah pisang yang dulunya terbuang, kini dapat mengubahnya menjadi peluang bisnis baru.


Bahkan juga dapat menghasilkan keuntungan besar bagi setiap pelakunya. Untuk itu, Anda dapat mencoba membuat kerajinan dari pelepah pisang. Salah satu pemanfaatan pelepah pisang yakni sebagai tempat tisu. Berikut ini cara pembuatan tempat tisu dengan menggunakan pelepah pisang.

Bahan-bahan :

  1. Pelepah pisang
  2. Tempat tisu
  3. Pernak-pernik

Alat :

  1. Gunting
  2. Lem

Cara membuat tempat tisu dari pelepah pisang :

  1. Pertama, Anda perlu menyiapkan pelepah pisang yang telah kering
  2. Kemudian setrika pelepah pisang yang sudah kering tersebut
  3. Kemudian lilitkan pelepah pisang tersebut pada tempat tisu. Setelah itu, berikan lem pada setiap lilitannya
  4. Jangan lupa berikan lubang pada bagian tengah-tengah atas tempat tisu tersebut menggunakan gunting. Setelah selesai, kini hiasi tempat tisu tersebut dengan pernak-pernik
  5. Apabila telah selesai menghias, maka tempat tisu dapat Anda gunakan

Kelebihan Bisnis Pelepah Pisang

Meskipun peluang usaha ini dijalankan dengan memanfaatkan limbah pelepah pisang yang awalnya tidak bernilai. Namun keuntungan yang dihasilkan dari kerajinan ini tidaklah kecil. Bahkan sebagian dari pelaku usaha juga dapat mengantongi keuntungan cukup tinggi. Mengingat keberadaan limbah pelepah pisang sangat mudah untuk Anda temukan di berbagai daerah. Bahkan harga jualnya pun masih sangat tinggi. Sehingga tidak menutup kemungkinan apabila dengan modal kecil, maka Anda akan mendapatkan keuntungan berlimpah.


Tidak hanya besarnya keuntungan yang dijanjikan, namun menjalankan bisnis kerajinan tempat tisu dari pelepah pisang ternyata tidaklah susah. Anda dapat memulainya dengan belajar secara otodidak. Hal ini karena pada dasarnya bahan, peralatan serta proses pengerjaannya sangat mudah untuk Anda pelajari.


Anda juga dapat mencari informasi mengenai kreasi daur ulang pelepah pisang melalui buku, internet, atau yang lainnya. Selebihnya, Anda juga dapat berkreasi dan berinovasi untuk menciptakan produk-produk baru lainnya. Pastinya yang lebih unik dan tidak kalah menarik dengan produk lainnya yang ada di pasaran saat ini.

Kendala Bisnis

Kendala bisnis yang seringkali dihadapi para pengrajin pelepah pisang. Mulai dari tingkat persaingan pasar di bidang industri kerajinan yang semakin banyak. Bahkan persaingan pun tidak hanya datang dari para pengrajin produk sejenis. Namun beberapa produk kerajinan lainnya yang berusaha untuk merebut perhatian pelanggan. Selain itu, adanya kendala terkait lamanya proses pengeringan pelepah pisang. Hal ini karena masih tergantung dengan cuaca di sekitar lokasi usahanya.


Kerajinan tempat tisu dari pelepah pisang turut menghasilkan nilai jual yang tinggi. Sebab, untuk dapat mengubahnya membutuhkan kreativitas yang tinggi, meski bermodal limbah pelepah pisang.