Pemanfaatan Potensi Desa dengan Membuat Sayuran Siap Masak



Karakteristik wilayah pada suatu ruang sangatlah unik. Terkadang karakteristik tersebut tidak dimiliki oleh wilayah lainnya. Hal ini disebabkan karena lokasi wilayah tersebut. Lokasi ini mempengaruhi karakteristik setiap wilayah pada sebuah ruang.

Bentuk nyata dari konsep di atas, yaitu perbedaan potensi dan karakteristik negara-negara di bumi. Lokasi negara-negara yang ada di bumi akan mempengaruhi karakteristiknya. Sebagai contoh, negara Indonesia berada di lintang rendah dan di lewati 3 lempeng utama bumi. Hal ini berpegaruh pada kekayaan sumber daya baik hayati maupun non hayati. Tentunya karakteristik ini berbeda dengan negara di belahan Amerika Utara.

Perbedaan karakteristik ini dapat menimbulkan sebuah interaksi antarruang. Hal yang melatarbelakangi interaksi antarruang yaitu untuk memenuhi kebutuhan. Kebutuhan yang ada tidak hanya bahan pangan, namun juga berupa informasi, sumber energi hingga bahan baku industri.

Contoh paling sederhana dari interaksi antarruang, yaitu interaksi desa dan kota. Kamu pastinya tidak asing dengan istilah desa ataupun kota. Kedua wilayah ini saling berinteraksi untuk memenuhi kebutuhan wilayahnya. Masing-masing memiliki peran yang penting bagi hiarki sebuah wilayah.

Namun, dari interaksi desa dan kota yang terjadi. Apa yang dapat kita lakukan untuk mendukung interaksi tersebut? Kita dapat memanfaatkan potensi desa sebagai penghasil bahan pangan untuk kota. Caranya dengan membuat sayuran siap masak yang dikemas secara menarik.

Pemanfaatan Potensi Desa dengan Membuat Sayuran Siap Masak


Desa memiliki peran tersendiri bagi kota. Selain sebagai pemasok bahan pangan, desa juga memasok tenaga kerja bagi kota. Tenaga kerja dari desa banyak yang pergi ke kota. Hal ini menyebabkan desa tidak mempunyai tenaga kerja untuk menggarap lahan pertanian yang ada.

Faktor yang menyebabkan tenaga kerja dari desa ke kota yaitu upah yang tinggi. Padahal jika pemanfaatan potensi di desa dapat dilakukan secara optimal. Bukan tidak mungkin upah di desa dapat lebih tinggi dari kota.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah membuat sayur siap masak. Sayuran ini dapat dipasarkan dengan media sosial maupun secara langsung ke toko. Langkah-langkah untuk membuatnya juga sederhana. Untuk membuat sayur siap masak simak langkah-lankah berikut.

Alat dan bahan

  1. Sayuran
  2. Plastik
  3. Kertas
  4. Alat tulis
  5. Buku catatan
  6. Pisau
  7. Gunting
  8. Kemasan thinwall / plastik cetik


Langkah-langkah Pembuatan


  1. Siapkan alat tulis. Tuliskan resep masakan yang akan digunakan. Contohnya, jika ingin membuat masakan sop membutuhkan sayur kol, wortel, kentang, daun bawang, seledri, bunga kol, dan bunga kol. Jika ingin membuat masakan sayur bayam membutuhkan sayur bayam, temu kunci (fingerroot), dan gambas. Kamu dapat menuliskan resep masakan sebanyak mungkin. Semakin banyak sayur yang dibeli akan lebih murah.
  2. Belanjakan resep masakan yang telah kamu catat. Belanjakan resep masakan tersebut di pasar sayur.
  3. Siapkan sayur yang telah kamu beli beserta alat dan bahan untuk membuat sayuran siap masak.
  4. Cuci sayuran yang akan dipasarkan. Bersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada sayur. Seperti tanah, daun yang busuk, ulat, dan lainnya. Sayuran dibersihkan agar pembeli dapat langsung memasak sayuran yang dibeli.
  5. Kupas beberapa kulit sayuran. Seperti wortel, kentang, atau bawang.
  6. Tuliskan resep masakan pada kertas. Kamu juga dapat menulis resep masakan menggunakan komputer. Resep masakan ini nantinya dapat ditempelkan pada kemasan sayuran siap masak.
  7. Kemas sayuran yang telah dibersihkan sesuai resep yang telah kamu tulis. Kamu dapat menggunakan kemasan thinwall atau plastik. Tempelkan resep pada kemasan thinwall atau plastik. Jika menggunakan kemasan plastik, pastikan mengemasnya dalam keadaan kedap udara.
  8. Sayuran siap masak telah selesai dibuat. Pasarkan sayuran siap saji menggunakan media sosial atau menitipkannya pada toko di lingkunganmu. Sayuran siap masak ini juga dapat dipasarkan pada marketplace seperti tokopedia, shoppe, gofood, grab, dan lainnya.

Berikut video cara membuat sayuran siap masak.



Itulah tadi pemanfaatan potensi desa dan kota dengan membuat sayuran siap masak. Desa sebagai penghasil bahan mentah dapat berkontribusi bagi kota. Kota juga dapat membeli hasil dari desa. Sehingga tercipta interaksi antarruang yang positif. Pembuatan sayuran siap masak adalah salah satunya. Cara pembuatan sayur siap masak juga cukup mudah. Memasarkannya pun juga dapat melalui media sosial. Lalu, bagaimana dengan potensi desa di lingkunganmu? Jika sama ini adalah peluang bisnis yang dapat dikembangkan.