Sebaran Kepadatan Penduduk Menurut Provinsi di Indonesia

penduduk bumi padat

Sebaran kepadatan penduduk menurut provinsi di Indonesia bervariasi mulai dari kepadatan sangat rendah, rendah, sendang, tinggi, sangat tinggi, hingga ekstrim tinggi. Sebaran penduduk ini dihitung menggunakan data jumlah penduduk tiap provinsi dari Badan Pusat Statistika (BPS) pada tahun 2023 dan luas provinsi.

A. Peta Kepadatan Penduduk

Peta Kepadatan Penduduk adalah cara untuk menampilkan secara visual sebaran jumlah orang di suatu daerah. Biasanya, peta ini memakai warna atau simbol untuk menunjukkan seberapa padat penduduk di tiap bagian wilayah. Daerah dengan banyak penduduk ditandai dengan warna gelap atau simbol besar, sementara daerah dengan sedikit penduduk ditandai dengan warna terang atau simbol kecil.

(Baca juga :  Cara Membuat Piramida Penduduk Secara Digital

Kepadatan penduduk adalah perbandingan antara jumlah orang yang tinggal dalam suatu wilayah tertentu dengan luas wilayah tersebut. Konsep ini memiliki peran krusial dalam analisis geografi, demografi, dan perencanaan pembangunan.

B. Sebaran Kepadatan Penduduk Menurut Provinsi di Indonesia 

Pada tahun 2023 Indonesia memiliki jumlah penduduk sejumlah 280.725.428 jiwa dan luas daratanya mencapai 1.919.440 km². Maka kepadatan penduduk Indonesisa pada tahun 2023 mencapai 143 jiwa tiap 1 km² (143 jiwa/km²)

(Baca juga :  Komposisi Penduduk Indonesia dalam Piramida Penduduk)

Sebaran penduduk Indonesia menurut provinsi data dilihat pada peta di bawah ini. Variasi kepadatan penduduk Indonesia divisualisasikan dengan warna-warna. Mulai kepadatan sangat rendah (hijau tua), rendah (hijau tua), sendang (kuning), tinggi (oranye), sangat tinggi (merah), hingga ekstrim tinggi (ungu).

Pulau Jawa memiliki mayoritas kepadatan tinggi, diikuti Pulau Sumatra, Bali dan NTB, NTT, Sulawesi, Maluku, Kalimantan, serta Papua. Adapun tiga provinsi terpadat berada di Pulau Jawa, yaitu Kota Jakarta dengan kepadatan 17.074,39 jiwa/km², Jawa Barat 1.410,49 jiwa/km², dan  Banten 1.290,50 jiwa/km²,.

Sedangkan tiga provinsi terlapang (tidak padat) berada di Pulau Papua, Provinsi Papua yaitu dengan kepadatan 3,40 jiwa/km², Papua Selatan 4,19 jiwa/km², dan Papua Barat 5,50 jiwa/km²

(Baca juga :  Apakah Demografi sama dengan Geografi Penduduk)

kepadatan penduduk di Indonesia




 

close