Definisi Sungai Menurut Para Ahli

proses pengikisan tanah hingga membentuk sungai

Sungai merupakan saluran air alami yang mengalir dari sumbernya (biasanya pegunungan atau danau) menuju ke muara di laut, sungai lain, atau danau lainnya. Sungai sering kali memiliki berbagai macam bentuk, lebar, dan panjang. Sungai berperan sebagai sumber air. Sungai banyak digunakan untuk keperluan manusia, di antaranya sebagai sumber air untuk keperluan air minum, rumah tangga, irigasi, industri, dan lain sebagainya.

(Baca juga :  Tenaga Geologi : Endogen dan Eksogen)

A. Pengertian Sungai

Secara umum, sungai dapat didefinisikan sebagai aliran air yang mengalir secara terus-menerus dari hulu ke hilir. Hulu sungai adalah sumber air sungai, sedangkan hilir sungai adalah tempat berakhirnya aliran sungai. Sungai memiliki beberapa ciri khas, yaitu:

  • Memiliki aliran air yang kontinu
  • Berasal dari sumber air alami, seperti pegunungan, danau, atau mata air
  • Memiliki arah aliran yang menurun
  • Memiliki lembah sungai yang terbentuk oleh aliran sungai

(Baca juga :  Siklus Hidrologi dan Prosesnya)

B. Definisi Sungai Menurut Para Ahli

Para ahli telah memberikan berbagai definisi sungai. Berikut adalah beberapa definisi sungai menurut para ahli, beserta referensinya:

  • Definisi Sungai Menurut Arthur N. Strahler

    Arthur N. Strahler, seorang ahli geologi terkenal, mendefinisikan sungai sebagai "sistem saluran air yang mengalir dari puncak bukit atau gunung ke muara dan memiliki banyak anak sungai dan aliran air lainnya." (Referensi: "Physical Geography," oleh Arthur N. Strahler)

    Definisi ini menekankan pada karakteristik sungai sebagai sistem saluran air yang saling terhubung.

  • Definisi Sungai Menurut Luna B. Leopold dan M. Gordon Wolman

    Luna B. Leopold dan M. Gordon Wolman, dalam karyanya yang terkenal tentang geomorfologi sungai, mendefinisikan sungai sebagai "setiap sistem aliran air, terlepas dari ukuran atau perilakunya, yang memiliki aliran air yang cukup besar untuk mengangkut batu kerikil di dasarnya." (Referensi: "River Channels" oleh Luna B. Leopold dan M. Gordon Wolman)

    Definisi ini menekankan pada kemampuan sungai untuk mengangkut sedimen.

    (Baca juga:  Koefisien Limpasan (Nilai C Debit)

  • Definisi Sungai Menurut Luna B. Leopold, M. Gordon Wolman, dan John P. Miller

    Dalam konteks penelitian lingkungan sungai, definisi yang lebih rinci diberikan oleh Leopold, Wolman, dan Miller: "Sungai adalah sistem aliran air permukaan dengan sistem pemanas air permukaan yang saling berhubungan, yang mencakup aliran danau, sungai, anak sungai, anak-anak sungai, saluran air semipermanen, saluran banjir, sungai air bawah tanah, dan pemanas air permukaan." (Referensi: "Fluvial Processes in Geomorphology" oleh Luna B. Leopold, M. Gordon Wolman, dan John P. Miller)

    Definisi ini menekankan pada keterkaitan sungai dengan sistem lingkungan lainnya.

    (Baca juga : Pengertian Pola Aliran Sungai dan Contohnya di Indonesia)

  • Definisi Sungai Menurut Edward R. Atwater

    Edward R. Atwater, dalam bukunya "Rivers: Form and Process of Alluvial Channels," mendefinisikan sungai sebagai "sebuah aliran air yang membawa air ke satu arah dari satu tempat ke tempat lain, yang membentuk suatu jalur yang khas." (Referensi: "Rivers: Form and Process of Alluvial Channels" oleh Edward R. Atwater)

    Definisi ini menekankan pada karakteristik sungai sebagai jalur aliran air yang khas.

  • Menurut Sungai Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 1991

    Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 1991, sungai adalah tempat dan wadah serta jaringan pengaliran air mulai dari mata air sampai muara dengan dibatasi oleh garis sempadan.

  • Menurut Sungai Ginting

    Menurut Ginting (2022), sungai adalah saluran air alami yang mengalir dari hulu ke hilir. Sungai memiliki berbagai macam bentuk, lebar, dan panjang. Sungai berperan sebagai sumber air yang banyak digunakan untuk keperluan manusia.

    (Baca juga:  Daerah Aliran Sungai (DAS) Macam, Bagian dan Fungsi)

Kesimpulan

Sungai adalah saluran air alami yang mengalir dari hulu ke hilir. Sungai memiliki berbagai macam bentuk, lebar, dan panjang. Sungai berperan sebagai sumber air yang banyak digunakan untuk keperluan manusia. Para ahli telah memberikan berbagai definisi sungai, yang masing-masing memiliki penekanannya sendiri.

Referensi

  • Achmad, Z. A. (2013). Fluvial Geomorphology. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  • Ginting, I. P. (2022). Sungai. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  • Leopold, L. B., Wolman, M. G., & Miller, J. P. (1964). Fluvial Processes in Geomorphology. New York: W. H. Freeman and Company
close